Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Banten menyatakan program layanan pembuatan kartu kuning secara daring mendapat respons baik dari warga, terbukti dengan adanya 227 pemohon setelah peluncuran Kamis.

"Belum 24 jam diluncurkan, permohonan sudah naik 100 persen dari hari biasanya. Hingga pukul 15.30 WIB tadi, sudah 227 permohonan kartu kuning 'online' (daring) masuk dan terlayani. Padahal, sehari sebelum di-launching' (diluncurkan) Disnaker hanya menerima 89 permohonan," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim di Tangerang, Kamis.

Baca juga: Komnas HAM akan panggil perwakilan Kemenkumham soal kebakaran Lapas Tangerang

Sebelum layanan daring diterapkan, Disnaker setempat biasanya hanya menerima 50 sampai 100 permohonan per hari.

Dengan peluncuran program itu, para petugas sejak pagi berusaha memberikan pelayanan terbaik, dengan melakukan proses verifikasi secara cepat.

Ia menjelaskan layanan petugas verifikasi data kartu kuning daring berlangsung pada hari dan waktu kerja, mulai Senin hingga Jumat, pukul 08.00-12.00 dan 13.00-15.00 WIB.

“Jika data pribadi pemohon atau berkas yang diminta sudah lengkap, maka proses persetujuan akan diterima pemohon hanya dalam satu menit saja. Dan pemohon bisa langsung mencetaknya di mana saja tanpa harus ke kantor Disnaker lagi,” katanya.

Ia mengatakan jika permohonan kartu kuning daring mengalami kendala dalam proses permohonan maka pemohon dapat berkonsultasi dengan petugas Disnaker melalui layanan pesan @disnaker_kotatangerang atau dapat menghubungi "call center" 0812-9570-0830.

“Semoga para pencari kerja dapat terbantu dengan layanan baru dari Disnaker Kota Tangerang ini. Tak terkecuali dengan layanan Virtual Jobfair yang hari ini juga berlangsung dengan membuka 1.237 lowongan, 84 formasi jabatan dari 20 perusahaan,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021