Serang (AntaraBanten) - Sebanyak 200 dari 1.056 kepala keluarga di Desa Pulo Panjang, Kabupaten Serang, Banten, sudah menikmati penerangan dari dua unit pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS.

"Keberadaan PLTS itu atas upaya pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, sekaligus merupakan program percontohan untuk wilayah Kabupaten Serang," kata Kepala Bidang Energi Dinas Kelautan Perikanan Energi Sumber Daya Mineral (DKPESDM) Kabupaten Serang Heriyadi M Senaaji, di Serang, Senin. 

Menurut dia, dua unit PLTS itu dioperasikan secara bertahap sejak bulan lalu, dan saat ini sudah dinikmati oleh 200 KK di Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang.

Ia mengatakan dua unit PLTS yang dibangun pada 2012 itu, merupakan program langsung dari Kementerian, dan selaku pelaksana PT Tri Mitra Lestari Energi. "Ini sebagai program percontohan di Kabupaten Serang," katanya.

Ia mengatakan jika di lokasi tersebut berhasil sebagai percontohan, kemungkinan tahun ini akan ada pembangunan kembali PLTS.

Heriyadi menjelaskan, dua unit PLTS itu kapasitas dayanya 30 kilo watt (KW) untuk masing-masing 15 KW yang saaat ini sudah disambungkan ke setiap rumah penduduk sebanyak 200 KK.

"Untuk tahun ini hanya 200 KK yang terealisasi menerima sambungan listrik dari PLTS tersebut," ujarnya.

Kepala Desa Pulo Panjang Ahmad Sugiro membenarkan bahwa dua unit PLTS sudah beroperasi, dan dirasakan masyarakat, sehingga tidak lagi hidup dalam kegelapan pada malam hari. "Alhamdulillah sudah, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sedangkan total kepala keluarga di Desa Pulo Panjang sebanyak 1.056 KK.

Untuk saat ini, kata Sugiro, yang menerima bantuan itu baru 200 KK.

Sedangkan tahun depan, kemungkinan sebanyak 200 KK akan memperoleh sambungan rumah (SR) maupun instalasi rumah (IR).

Ahmad Sugiro mengatakan pihaknya mengajukan melalui DKPESDM Kabupaten Serang, dan Provinsi Banten untuk diajukan ke pemerintah pusat melalui Kementerian sebanyak tiga unit pada 2011. Kemudian pada 2012 direalisasikan hanya dua unit PLTS.

"Meski hanya dua unit, namun kami sangat bersyukur, karena setidaknya masyarakat sudah bisa merasakan penerangan listrik pada malam hari," katanya.

Menurut Sugiro, berdasarkan informasi, tahun ini Desa Pulo Panjang akan mendapatkan lagi bantuan pembangunan PLTS.

Ia meyakini hal itu, berdasarkan survei yang dilakukan pihak Kementerian beberapa waktu lalu. "Alhamdulillah sudah disurvei kembali oleh pihak Kementerian. Jadi, pada 2013 desa kami mendapatkan lagi bantuan PLTS," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013