Dinas Kesehatan Kabupaten Serang gencar melaksanakan percepatan vaksinasi menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa di 144 desa  di wilayah itu pada 31 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi melalui siaran tertulisnya di Serang, Ahad (4/10) mengatakan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, Pemerintah gencar melakukan percepatan vaksinasi guna menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) untuk memutus penyebarannya.
 
Terlebih, kata Agus, Pemerintah Kabupaten Serang pun sudah mengeluarkan surat edaran agar para calon kades, panitia, dan masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT untuk melaksanakan vaksinasi selain menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat pada pelaksanaannya.

Tentunya, lanjut Agus, hal itu dilakukan setelah melibatkan OPD-OPD yang di koordinasikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rachmat Maulana.
 
“Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Serang secara signifikan meningkat per pekannya, untuk laju vaksinasi ada peningkatan,” ujar Agus. 

Agus berharap penyelenggaraan pilkades untuk seluruh DPT bisa dilaksanakan vaksinasi secara cepat. 

“Salah satu upaya Kabupaten Serang dalam percepatan vaksinasi yaitu dengan memanfaatkan momen pilkades, jadi mudah-mudahan ada kesadaran masyarakat terutama bagi masyarakat yang mempunyai atau terdaftar di DPT, agar mereka sebelum memberikan hak suaranya terlebih dahulu melakukan vaksinasi di desa-desa yang sudah kita siapkan tenaga kesehatannya,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, sebut Agus, sebanyak 300 ribu lebih masyarakat pemilih yang masuk dalam DPT  di 144 desa.

Diharapkan, target vaksinasi bisa mencapai 70 persen dari jumlah DPT agar bisa dengan cepat mendongkrak capaian vaksinasi di Kabupaten Serang. 

“Karena itu, untuk pekan ini kita betul-betul mengoptimalkan seluruh tenaga kesehatan agar melaksanakan vaksinasi di desa-desa yang menyelenggarakan pilkades,” katanya.

Senada disampaikan Agus Sukmayadi, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana mengatakan, terkait vaksinasi untuk pilkades, pihaknya  sudah mengumpulkan seluruh camat untuk memastikan bahwa setiap kecamatan sudah rencana aksi atau belum. 

“Karena ini waktunya mepet, kita wajib all out. Kita wajib memasitkan apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan semaksimal mungkin,” ujarnya. 

“Nah dengan kita kumpulkan para camat, maka komitmen para camat untuk melakukan upaya yang terbaik mereka dalam kegiatan vaksinasi, apakah sudah maksimal atau belum, sudah ada yang mulai ternyata dari rabu pekan kemarin,” tambah Rachmat.






 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021