Lebak (AntaraBanten) - Sebanyak 10 siswa SMA Negeri di Rangkasbitung, Lebak, Banten, menerima beasiswa "Bidik Misi" dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Asep Komar Hidayat. 

"Kami menerima laporan siswa yang menerima Program Bidik Misi Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 10 orang, yakni dari SMA Negeri 1 tercatat tujuh orang dan SMA Negeri 3 tercatat empat orang," kata Asep Komar Hidayatdi di Lebak, Selasa.

Menurut dia, pihaknya terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Lebak sehingga bisa melahirkan siswa-siswa berprestasi di bidang akademik.

Peningkatan kualitas, itu di antaranya pelatihan kemampuan kompetensi tenaga pengajar maupun manajer pengelolaan sekolah, jelasnya.

Selain itu, juga terpenuhi media belajar sebagai sarana penunjang ilmu pengetahuan.

"Kami bekerja keras untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, karena jika siswa berprestasi bisa menerima beasiswa, khususnya dari Program Bidik Misi.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri I Rangkasbitung Iva Havidania mengatakan bahwa siswanya yang meneriam beasiswa itu tercatat sebanyak tujuh siswa.

"Ketujuh beasiswa tersebut dari keluarga kurang mampu namun berprestasi dalam bidang akademik," katanya dan menambhakan bahwa ketujuh siswa itu mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di PTN, antara lain adalah Untirta, UGM, UI, Undip dan UNJ Jakarta.

Mereka selama belajar di PTN dibebaskan seluruh biaya kuliah, termasuk biaya sewa rumah.

"Semua biaya itu ditanggung oleh Kemendikbud," katanya.

Menurut dia, penerima beasiswa itu dari keluarga tidak mampu. mereka diterima di Universitas Indonesia (UI) atas nama Ajeng Nurina Ayuningtias Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Universitas Gadjahmada (UGM) Romi Fathullah Jurusan Biologi.

Sementara itu, Diandra Rayandita diterima di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jurusan Akutansi dan Dini Rosyanti Jurusan Biologi.

Sedangkan, Hilma Muthi'ah di Universitas Diponegoro (Undip) Jurusan Tehnik Lingkungan dan Universitas Tirtayasa (Untirta) Annisa Amalia Triananda Jurusan Matematika serta Suci Wulansari Sumantri Jurusan Tehnik Industri.

"Kami bangga anak kami mendapat beasiswa dari Kemendikbud melalui program Bidik Misi itu," katanya.

Romi Fathullah, seorang SMA Negeri 1 Rangkasbitung mengaku sangat senang mendapat beasiswa dan bisa belajar di UGM.

"Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh karena bisa mendapat kesempatan belajar di PTN, padahal orang tua sebagai tenaga honorer di Dinas Pertanian gajinya hanya cukup untuk makan keluarga," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013