Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, optimistis bebas rabies hingga tahun 2030 dan terus dioptimalkan pelayanan vaksinasi anti rabies (VAR).

"Kami minta warga yang memiliki hewan peliharaan agar dilakukan vaksin guna mencegah virus rabies," kata Plh Sekertaris Daerah Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat saat pelaksanaan vaksinasi anti rabies gratis di Pandeglang, Rabu.

Baca juga: Badui dan program vaksinasi

Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan hewan, kucing, anjing dan monyet agar dilakukan vaksinasi secara rutin guna mencegah penularan virus rabies ke manusia.
 
Selain itu juga pelayanan vaksinasi hampir di semua kecamatan, sehingga masyarakat yang memelihara binatang bisa mendatangi petugas vaksin antirabies (VAR).
 
"Kami kini tengah melaksanakan vaksinasi gratis guna mendukung Pandeglang bebas rabies, " ucapnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya hingga kini belum menemukan kasus warga yang teridentifikasi rabies akibat gigitan binatang.
 
Pemerintah daerah juga memaksimalkan penyuluhan dan sosialisasi untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat guna mencegah penyebaran rabies.
 
Sebab jika masyarakat sudah positif tertular rabies kemungkinan bisa menimbulkan korban jiwa.

Diharapkan melalui penyuluhan dan sosialisasi dapat meminimalisasi korban rabies.
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies puncaknya peringatan Hari Rabies Sedunia dilaksanakan Selasa (28/9) hingga 156 hewan dilakukan vaksinasi massal secara gratis.
 
Dikatakan, tingkat kesadaran masyarakat untuk memvaksinkan binatang peliharaan meningkat.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan menyatakan vaksinasi rabies massal secara gratis untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat akan bahaya rabies dalam upaya mendukung Pandeglang dan Provinsi Banten Bebas Rabies.
 
Dengan vaksinasi rabies diharapkan tidak ada kasus rabies pada hewan penular rabies, sehingga pada akhirnya tidak ada kasus rabies pada manusia.
 
Kegiatan vaksinasi rabies 156 ekor hewan penular rabies seperti kucing, anjing maupun jenis monyet.
 
Vaksinasi terhadap hewan peliharaan tersebut, sekaligus memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada setiap 28 September.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021