Dalam rangka mendukung kemajuan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) PT Pertamina (Persero) melalui PT Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat terus mendorong mitra binaannya untuk tetap produktif dimasa pandemi. Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung hingga UMK tersebut Go Global dan menembus pasar internasional.

Dukungan inilah yang juga diterima Neneng Rosita, pemilik Monalisa Collection dari kota Bandung. Mengawali usahanya karena terinspirasi dari cerita orang tuanya ketika zaman penjajahan Jepang di Indonesia dulu, dimana kain goni digunakan sebagai pakaian mereka, kini ditangannya kain goni berubah dengan pesat. Dia menciptakan produk-produk cantik khas budaya Indonesia, dan mampu memasarkan produknya hingga pasar Internasional.

Baca juga: Dorong Penciptaan Lapangan Kerja di Desa, Pertamina Berdayakan UMKM Pemuda Kreatif di Karawang

Usaha yang bergerak dibidang fashion, craft dan accessories, sejak tahun 2016 memproduksi kerajinan berbahan dasar karung goni berupa tas goni, sepatu goni, dompet goni dan aneka aksesoris seperti kalung, bros, toples, botol, souvenir pernak pernik cermin  yang terbuat dari  karung goni di design dengan limbah daur ulang, dan dipadukan dengan kain perca, batik, bambu serta batu alam, selain itu juga memproduksi kerudung handmade dan pakaian.

Diawal usahanya, 3 orang karyawan mampu memproduksi minimal 100 produk per bulannya. Dia telah merasakan banyak perubahan pada usahanya setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina tahun 2018 lalu. Ia pun banyak melakukan transformasi terutama dalam hal pemasaran produk untuk dapat menembus pasar Internasional.

 “Alhamdulillah, dengan ditambahnya modal dari Pertamina, produksi yang dibuat pun ikut mengalami peningkatan, hal tersebut membuat kami terus melakukan inovasi-inovasi dan design yang unik dan kreatif terhadap produk kami. Selain itu kami juga  diberi kesempatan mengikuti pameran-pameran  yang diadakan  oleh Pertamina, hal ini menambah wawasan dan pengalaman serta dapat menambah jaringan usaha” ujarnya.

Beberapa penghargaan pun berhasil diraihnya antara lain sebagai omzet terbanyak di tahun 2018 diberikan oleh Dinas UMKM Bandung dan penghargaan dari Walikota Bandung untuk produk terbaik ke 2 se-kota Bandung di tahun 2019. Bukti nyata atas penghargaan tersebut adalah keberhasilan Produk Monalisa Collection menjadi salah satu produk yang dipasarkan di Amerika Serikat, tepatnya Houston, Texas.
 
Aneka kerajinan berbahan dasar karung goni produksi Monalisa Collection. (Foto Antara/Pertamina)

“Pengetahuan pemasaran digital maupun keikutsertaan dalam pameran-pameran lingkup nasional yang diberikan Pertamina sangat mendukung kemajuan usaha saya. Sebelum bergabung jadi mitra binaan Pertamina, saya hanya mengikuti pameran berskala kecil di daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Neneng Rosita mengatakan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari pemasaran yang cukup gencar dilakukan. Untuk media sosial sendiri, ia banyak memposting katalog produknya pada akun Instagram Monalisacollection2. Sedangkan untuk pemasaran, selain mencakup seluruh wilayah Indonesia, seperti  Bandung, Jabotabek, Jawa, Sumatera, Papua, juga ke pasar internasional seperti Amerika, Uzbekistan  dan saat ini sedang melakukan penjajakan kerjasama di Soul, Korea Selatan.

Melalui program kemitraan, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, terus mendukung pengembangan produk-produk UMK seperti yang dilakukan Neneng Rosita melalui usaha Monalisa Collection. Menurutnya jika UMK dapat naik kelas, maka diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect yaitu terciptanya lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Eko, melalui Program Kemitraan, Pertamina ingin dapat senantiasa menghadirkan energi yang menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) terutama di point 8 dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak. Serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan, demi mewujudkan manfaat ekonomi ditengah masyarakat.

Adapun syarat untuk dapat bergabung menjadi mita binaan Pertamina dapat dilihat pada https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan
Aneka kerajinan berbahan dasar karung goni produksi Monalisa Collection. (Foto Antara/Pertamina)

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021