Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Banten menyebutkan capaian vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang diberikan kepada masyarakat di daerah itu menjangkau 30,1 persen atau 758.667 ribu orang.

"Untuk capaian vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Tangerang baru mencapai 30,1 persen atau sebanyak 758.667 orang penerima," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Truk kontainer terguling panjang tutupi jalan Serang-Tangerang km 21

Ia mengatakan target vaksinasi di Kabupaten Tangerang sekitar dua juta orang atau 70 persen dari total sekitar 2,7 juta orang. 

"Meski capaian itu sekarang baru 30,1 persen, tetapi kita optimis bakal mencapai target hingga 70 persen sebelum akhir tahun 2021 ini," katanya.

Ia menjelaskan kendala yang dialami daerah setempat untuk mempercepat vaksinasi, yaitu distribusi dan ketersediaan vaksin.

"Kalau dari masyarakat bisa dibilang sangat antusias untuk divaksin, tetapi kita mempunyai keterbatasan dosis vaksinnya makanya sekarang ini sedikit lambat. Tapi kita terus berupaya untuk memenuhi ketersediaan vaksin itu," ujarnya.

Ia mengakui vaksinasi di wilayah itu terbantu dengan gerakan vaksinasi massal yang dilakukan oleh organisasi-organisasi masyarakat dan TNI/Polri.

Oleh karena itu, pihaknya optimistis bakal mencapai target vaksinasi sesuai yang ditentukan.

"Jadi upaya kita melakukan kerja sama dengan organisasi masyarakat, TNI dan Pori dalam mendukung capaian target," katanya.

Pihaknya mengajak kepada masyarakat yang berada di pelosok-pelosok wilayah Kabupaten Tangerang untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi dengan mendatangi sentra vaksin atau puskesmas masing-masing.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021