Serang (AntaraBanten) - Komisi I DPRD Banten menggelar uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Propertes) terhadap tiga calon Sekretaris DPRD Banten di Serang, Sabtu.

Tiga calon Sekretrias DPRD Banten yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi I DPRD Banten yakni Staf ahli gubernur Banten  bidang ekonomi dan keuangan Iman Sulaeman, Kabid Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Hedi Utomo dan Kabid Kedisiplinan dan Kesejahteraan Pegawai BKD Banten Tubagus Faisal.

Tiga calon Sekwan DPRD Banten tersebut dicecar sejumlah pertanyaan dari Komisi I DPRD Banten berkaitan dengan masalah penegakan hukum dan pertauran, pelaksanaan anggaran serta komunikasi politik.

Sedangkan delapan anggota Komisi I DPRD Banten yang melakukan uji kelayakan yakni bidang hukum Upiyadi Moeslikh, Rahmad Saputra dan Riduan, mempertanyakan bidang anggaran HM Sukira, Urip Saman dan Haryono. Kemudian pertanyaan seputar komunikasi politik disampaikan anggota lainnya yakni Endang Sudjana, Ananta Wahana dan Wakil Ketua DPRD Banten Eli Mulyadi.

Menjawab pertanyaan angota Komisi I DPRD, salah seorang calo Sekwan DPRD Banten Tubagus Faisal mengatakan, sebagai Sekretaris DPRD Banten tidak bisa melaksanakan tugas sendiri meskipun memiliki keahlian yang lebih, tetapi harus didukung oleh tim atau staf yang solid yang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. Selain itu Sekwan juga sebagai PNS tidak boleh terlibat dalam politik praktis serta tidak boleh ada intervensi yang sifatnya penekanan dari pihak manapun.

"Seorang Sekwan itu harus dibantu oleh tim yang kuat dalam melaksanakan tugasnya. Kami juga komitmen untuk melaksanakan tugas dan fungsi sesuai aturan dan ketentuan hukum," kata Tubagus Faisal.

Calon Sekwan lainnya Hedi Utomo mengatakan, ia akan komitmen untuk melaksanakan aturan yang ketentuan hukum dalam menjalankan tugas sebagai Sekwan. Selain itu ia juga berjanji untuk melakukan penataan kelembagaan yang ada di Sekretriat DPRD Banten sesuai kebutuhan.

"Posisi Sekwan sejajar dengan SKPD lain, untuk itu perlu dibangun komunikasi dan kordinasi  yang baik dengan SKPD. Selain itu membangun komunikasi serta hubungan emosional yang baik dengan anggota DPRD," katanya.

Sementara Iman Sulaiman menyampaikan bahwa ia juga berkomitmen untuk membangun komunikasi yang baik dengan anggota DPRD serta melakukan evaluasi setiap minggu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi satu sama lain.

"Kami juga akan selalu konsultasi, koordinasi dan konsolidasi dengan pihak dewan agar tugas dan fungsi yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik," kata Iman Sulaeman.

Ketua Komisi I DPRD Banten HM Sukira mengatakan, hasil uji kepatutan dan kelayakan Calon Sekwan tersebut hasilnya akan disampaikan ke pimpinan DPRD Banten, sekanjutnya hasil penilaian akan direkomendasikan ke Gubernur Banten untuk selanjutnya ditetapkan satu dari tiga calon tersebut untuk menjadi Seretaris DPRD Banten.

"Hasil 'skoring' akan kami sampaikan ke pimpinan DPRD. Selanjutnya gubernur yang akan menetapkan setelah menerima hasil penilaian tes ini dari DPRD," kata HM Sukira.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013