Mengantisipasi kejadian kebakaran di Lapas Tangerang, Rutan Serang Klas IIB mengerahkan jajaran dalam mengecek rutin jaringan listrik Rutan Serang yang memiliki tegangan 220 Volt, Jumat (10/9/2021).

Pengecekan di pimpin langsung Kepala Rutan Aliandra Harahap, didampingi sejumlah petugas PLN Banten Utara.

Baca juga: Rutan Tangerang tingkatkan keamanan warga binaan dari bahaya kebakaran

Kepala Rutan Serang Aliandra Harahap mengatakan selama ini Rutan Serang secara berkala mengecek jaringan listrik.

"Selalu berkoordinasi dengan PT PLN, tetapi dengan adanya kebakaran yang diakibatkan konsleting listrik di Lapas Tangerang semakin meningkatkan antisipasi dalam melakukan pengecekan instalasi listrik," ujarnya usai melakukan pengecekan panel listrik di Rutan Serang Klas IIB, Serang, Banten.
Kepala Rutan Serang Klas IIB Aliandra Harahap (tengah) di dampingi oleh petugas PLN Banten Utara saat melakukan inspeksi instalasi listrik di Serang, Banten. (Foto Antara/Weli)


Seperti yang sudah berjalan dalam pemeliharaan harian, pengecekan rutin jaringan kelistrikan menjadi hal utama. Apalagi dalam segi bangunan  Rutan Serang ini merupakan bangunan tua dengan kekuatan tegangan kelistrikan 220 Volt.

"Meskipun daya listriknya rendah, akan tetapi kita tetap melakukan pengecekan untuk antisipasi, apabila ada kejadian," tuturnya.

Selain melakukan pengecekan jaringan kelistrikan, Rutan Serang  juga menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) sebanyak empat tabung, dan lima bola salju.

"Sehingga apabila ada kejadian petugas dapat melakukan pertolongan pertama," ujarnya.

Menurut Aliandra, Rutan Serang memiliki area parkir yang tidak memadai, sehingga apabila ada kejadian kebakaran mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke area parkir.

"Area parkir di Rutan Serang sangat tidak memadai (sempit-red) dipakai parkir oleh  petugas rutan sudah penuh, apalagi seandainya kalau ada kejadian kebakaran mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk area parkir," ungkapnya.

Sementara itu, Supervisor operasi PLN Banten Utara Eko Juanda Suzanto menambahkan pemeriksaan ini meliputi  pengecekan di beberapa panel dan kabel.

"Sebenarnya untuk pengecekan ini sering tim PLN lakukan, sekarang melakukan pengecekan di Rutan Serang yang memiliki tiga panel listrik cukup baik cuma ada perbaikan rekomendasi dan genset listriknya bagus, dan tidak ada yang rusak," tambahnya.

Pewarta: Weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021