Warga lingkungan Cigading, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, dihebohkan dengan serangan hama kutu gandum yang menyerang puluhan rumah warga.

Menurut warga sekitar, serangan hama kutu gandum tersebut, sebenarnya sudah terjadi sejak April lalu, bahkan awalnya warga menganggapnya hama biasa dimusim peralihan cuaca. Namun dalam dua minggu terahir, keberadaan hama kutu gandum yang diduga berasal dari pergudangan gandum pabrik di sekitar pemukiman warga itu semakin parah. 

Ditemui di lokasi, pada Kamis (09/09), Sasi seorang warga sekitar menuturkan, kutu gandum kerap muncul lebih banyak di malam hari. Keberadaan nya tak hanya menggangu warga karena sering menyebabkan gatal-gatal kulit, tetapi juga mengakibatkan warga sakit karena hama masuk ke dalam telinga.

"Parahnya dua Minggu ini, siang malam ada dimana-mana, malah kalau malam lebih parah. Ganggu banget, karena bikin gatel kulit, telinga anak juga kemarin kemasukan sampai dibawa ke klinik," katanya.
Salah seorang warga Cigading, Kota Cilegon saat menyapu kutu gandum yang hinggap di teras rumah. (Susmiatun Hayati)
Sementara itu sekretaris rukun tetangga RT 01 di lingkungan sekitar mengaku, saat ini serangan kutu gandum sudah menjalar ke rumah- rumah warga. Sedikitnya ada sekitar lebih dari dua puluh rumah yang terkena serangan kutu gandum. Bahkan pihaknya mengaku sudah mengadukannya ke pihak kelurahan, namun tak pernah ada tanggapan. Warga meminta agar pihak terkait segera melakukan penanganan, dan bertanggung jawab atas dampak yang dialami warga. 

"Masalahnya ini semakin parah, malah sekarang sudah ada sekitar lebih dari dua puluh rumah warga yang terkena. Kita juga sudah mengadukan ke kelurahan tapi tidak ada tanggapan. Kami inginnya ada perhatian, tindakan dan tanggungjawab kepada warga yang terdampak," tambahnya. 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021