Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lebak, Banten, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teddy Rayendra mengajak masyarakat di daerah itu agar menyukseskan program vaksinasi guna pencegahan pandemi COVID-19 di Tanah Air.
 
"Kita berharap masyarakat mendukung program vaksinasi itu, " kata Teddy Rayendra di Lebak, Sabtu.

Baca juga: Pemkab Lebak bangkitkan petani milenial penuhi pangan dan ekonomi
 
Kepolisian memiliki komitmen untuk menyukseskan program pemerintah, karena pandemi COVID-19 ini merupakan bencana non alam, namun cukup membahayakan karena dapat menimbulkan kematian.
 
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan bahwa kematian akibat COVID-19 sampai Jumat (3/9) tercatat 134.390 orang.
 
Karena itu, pihaknya mengajak masyarakat Kabupaten Lebak yang tersebar di 340 desa, lima kelurahan di 28 kecamatan dapat mendatangi pos pelayanan vaksinasi terdekat.
 
Pos pelayanan vaksinasi itu banyak dilaksanakan, termasuk di antaranya di seluruh Polsek dengan menjalin kerja sama dengan Puskesmas setempat.
 
"Kami berharap masyarakat dapat mendatangi pos pelayanan vaksinasi gratis dan hanya membawa KTP," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, saat ini pencapaian realisasi vaksinasi di Kabupaten Lebak baru sekitar 20 persen dari target sasaran 1 juta warga.
 
Kepolisian mendorong masyarakat bisa terealisasi vaksinasi minimal 60 persen saja, sehingga dinyatakan aman dari penyebaran virus corona.
 
Selama ini, kata dia, pihaknya mengapresiasi vaksinasi di Lebak begitu luar biasa untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia.
 
Sebab, vaksinasi yang dilaksanakan kepolisian juga terjadi antrian namun berjalan tertib dan mengedepankan protokol kesehatan.
 
Namun, pihaknya tetap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan , mengurangi mobilisasi dan menghindari kerumunan (5M).
 
"Kami mengajak masyarakat dapat divaksinasi agar pandemi menghilang dan pertumbuhan ekonomi kembali normal, " katanya menegaskan.
 
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak KH Ahmad Hudori mengimbau masyarakat mendukung program vaksinasi COVID-19 dan tidak ada penolakan.
 
Selama ini, kata dia, program vaksinasi yang dilaksanakan TNI, Polri, Pemkab Lebak, perusahaan BUMN hingga pengusaha berjalan lancar dan tidak ada masalah.
 
MUI Lebak terus menyampaikan program vaksinasi ke berbagai elemen masyarakat  melalui khutbah Jumat, pengajian maupun kegiatan silaturahim baik tingkat kabupaten dan kecamatan.
 
"Kami yakin jika semua warga divaksinasi maka dipastikan virus corona menghilang," ujarnya.




 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021