Serang (ANTARABanten) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten memprediksi kunjungan wisawatan ke wilayah itu, terutama ke wilayah Anyer pada 2013 akan lebih meningkat dari tahun 2012 karena dukungan infrastruktur jalan yang lebih baik.


Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam di Serang, Rabu mengatakan kunjungan wisatawan ke Banten khususnya ke Anyer pada akhir tahun 2012 meningkat dibandingkan beberapa bulan sebelumnya, karena dukungan infrastruktur jalan dari Cilegon menuju Anyer sudah lebih baik. Sebab, beberapa bulan sebelumnya perbaikan jalan nasional tersebut sempat terhenti dan menggangu aktivitas perekonomian masyarakat termasuk pariwisata.

"Pariwisata Banten itu unik, karena pada saat Amerika terkena dampak ekonomi global, kunjungan pariwisata Banten justru naik. Secara global di Indonesia, kunjungan naik 5,5 persen, sedangkan di Banten mencapai 6 juta orang," kata Ahmad Sari Alam.

Ia mengatakan, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Banten menjelang akhir Tahun 2012 karena didukung jalan yang mulai bagus meskipun belum seluruhnya selesai, tetapi lebih bagus dari beberapa bulan sebelumnya.

"Dengan kondisi jalan tol yang bagus seperti sekarang ini, Jakarta Cilegon bisa ditempuh hanya 1 jam 30 menit. Apalagi pemrov Banten menganggarkan lebih dari Rp1 triliun untuk infrastruktur jalan pada 2013," kata Ahmad Sari Alam didampingi Ketua Harian PHRI Banten Ashok Kumar.

Oleh karena itu, pihaknya memprediksi kunjungan wisatawan ke Banten pada 2013 akan lebih baik dari tahun sebelumnya, karena seluruh perbaikan jalan Cilegon hingga  Pan tahun-tahun sebelumnya mengingat perbaikan jalan nasional tersebut akan selesai pada awal 2013.

Selain itu, kata dia, Provinsi Banten juga saat ini sudah membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dengan terbitnya surat keputusan (SK) Gubernur Banten tentang Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Banten pada Oktober 2012 lalu.

"BPPD telah terbentuk tinggal menunggu dilantik.Ini akan berdampak positif bagi pengembangan wisata di Banten," katanya.    

Untuk mendukung promosi tersebut, kata dia, PHRI dan BPPD  akan membuat 'road map' kunjungan objek wisata di Provinsi Banten, dengan mencantumkan objek wisata unggulan yang ada di masing-masing kabupaten/kota.

"Dalam waktu dekat, PHRI bekerjasama dengan Kadin Banten  akan memebentuk lembaga pendidikan Kepariwisataan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Kepariwisataan," katanya.

Ketua Harian PHRI Banten Ashok Kumar mengatakan, dalam upaya meningkatkan kembali sektor Pariwisata Banten, akan dilakukan program 'Visit Banten' pada 2014 sehingga perlu ada kesiapan semua pihak terutama pemerintah daerah dalam upaya mendukung 'Visit Banten' tersebut pada 2014 mendatang.

"Selama satu tahun pada 'Visit Banten' itu, pemerintah daerah bekerjasama dengan 'stakeholders' pariwisata dan masyarakat harus menampilkan even-even yang dapat mendatangkan banyak wisatawan. Misalnya kita tampilkan tradisi Panjang Maulud di Kota Serang atau Seba Baduy," kata Ashok Kumar.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012