Bupati Lebak, Banten,  Iti Octavia menyatakan kasus penularan COVID-19 di daerah itu turun signifikan dari 1.332 kasus pada 3 Agustus 2021 kini menjadi 286 kasus.
 
"Kami optimistis sepekan ke depan semua pasien terinfeksi virus corona sembuh," kata Iti Octavia di Lebak, Sabtu.

Baca juga: Ulama Lebak : Polisi harus bertindak tegas kepada siapapun penista agama
 
Pemerintah daerah komitmen untuk pencegahan penyebaran virus corona dengan berbagai kebijakan di antaranya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
PPKM melibatkan anggota TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Lebak terus bekerja.
 
Petugas PPKM itu setiap hari bekerja keras untuk mengoptimalkan razia masker juga melakukan ajakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.
 
Masyarakat jika bepergian wajib memakai masker. Mereka juga harus menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan mengurangi kerumunan (5M).
 
Selama ini, kata dia, protokol kesehatan dengan 5M sangat efektif memutus mata rantai penyebaran virus corona.
 
Selain itu juga kebijakan pemerintah daerah membatasi pedagang beroperasi hingga pukul 20.00 WIB guna mengurangi kerumunan.
 
Petugas juga melakukan penyekatan kendaraan di posko perbatasan dengan Jawa Barat.
 
Pengemudi kendaraan dari luar daerah jika tidak dilengkapi surat vaksin dan tes swab antigen maka dilakukan putar balik kendaraan.
 
"Kami fokus bagaimana Lebak bisa terbebas COVID-19, " katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah menyebutkan saat ini, pasien positif corona yang masih aktif sebanyak 286 orang.
 
Mereka menjalani perawatan di rumah sakit juga isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan Satgas Desa, Kelurahan dan puskesmas setempat.
 
Selain itu ada isolasi terpusat yang disediakan Pemerintah Kabupaten Lebak di Gedung BPPS Dinas Sosial Provinsi Banten di Jalan Siliwangi Rangkasbitung.
 
Menurunya, kini Lebak berstatus zona kuning dengan tingkat penyebaran virus corona yang terus menurun ke posisi rendah.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021