Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, melakukan penyuntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 untuk tenaga kesehatan yang bertugas di 42 puskesmas di daerah itu.
 
"Kami hingga kini sudah melakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 3.700 orang," kata Kepala Seksi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Bachtiar di Lebak, Senin.

Baca juga: Polres Lebak jaga kondusivitas perketat penjagaan di seluruh gereja
 
Penyuntikan dosis ketiga vaksin "booster" bagi tenaga kesehatan berbeda dengan pertama dan kedua yang memakai vaksin merk Sinovac.
 
Namun, kata dia penyuntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan menggunakan merk Moderna.
 
Pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 itu, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan penanganan COVID-19.
 
Para tenaga kesehatan sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan kesehatan, meliputi tensi hingga riwayat pernah terpapar COVID-19 selam tiga bulan terakhir.
 
"Kami mengapresiasi dari 3.939 orang tenaga kesehatan di antaranya 3.700 tenaga kesehatan telah disuntik vaksin moderna. Sisanya tidak memenuhi persyaratan karena mengidap komorbid," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, penyuntikan dosis ketiga vaksin moderna dilakukan di puskesmas masing-masing guna kemudahan pelayanan.
 
Sebab, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak begitu luas, sehingga pelaksanaan penyuntikan vaksin "booster" di Puskesmas.
 
"Kami melakukan penyuntikan vaksin Moderna itu bagi tenaga kesehatan yang sebelumnya telah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 lengkap," katanya.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021