Pandeglang (ANTARABanten) - Kementerian Perumahan Rakyat membantu memperbaiki rumah masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.


"Pada 2012, sebanyak 1.028 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu diperbaiki oleh Kemenpera," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi di Pandeglang, Senin.

Menurut dia, dari total rumah yang akan diperbaiki Kemenpera tersebut, sebanyak 950 unit di antaranya akan segera diperbaiki, sedangkan 78 unit sisanya masih dalam proses verifikasi.

Mengenai nilai bantuan, menurut dia, sebesar Rp6 juta/unit, dan nantinya akan langsung dikirim melalui rekening Badan Kesejahteraan Masyarakat (BKM) serta Unit Pelaksana Kegiatan  (UPK) yang ada di desa/kelurahan.

"Bantuan tidak dikirim langsung pada warga penerima, tapi melalui rekening BKM atau UPT, dan kegiatan perbaikannya juga dilaksanakan oleh lembaga tersebut," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan menjelaskan, dalam waktu dekat akan disalurkan bantuan untuk perbaikan rumah tidak layak huni di daerah itu.

"Dalam waktu dekat kita akan menyalurkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni bari 60 warga kurang mampu," katanya.

Menurut dia, bantuan perbaikan rumah itu menggunakan dari  APBD 2012 Kabupaten Pandeglang, diambil dari pos bantuan sosial.

Pemkab Pandeglang, pada 2012 mengalokasikan Rp1 miliar untuk bantuan sosial, meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp500 juta.

Dari total anggaran itu bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), kelompok usaha bersama fakir miskin (Kube-PM), dan bantuan yayasan.

"Untuk RTLH masing-masing Rp5 juta/rumah, Kube-FM Rp10 juta/kelompok dan Rp15 juta bagi yayasan," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012