Sebanyak 1.757.029 orang warga Banten sudah menerima atau melaksanakan vaksin COVID-19 dosis pertama dan 794.608 orang sudah divaksin dosis ke dua dari total sasaran 9.229.383 orang.

"Target sasaran vaksinasi COVID-19 Pemprov Banten mencapai 9.229.383 orang. Hingga 1 Agustus 2021, data kumulatif pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dosis 1 mencapai 1.757.029 orang atau 19,4 persen," kata Asda I Setda Provinsi Banten Septo Kalnadi mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim pada kegiatan gerai vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Banten di Auditorium Untirta di Serang, Selasa.

Baca juga: Kacab Jasa Raharja temui Wakapolda Banten bahas ketertiban lalu lintas dan Signal.

Menurut Septo, sedangkan untuk Vaksinasi COVID-19 dosis 2 mencapai 794.608 orang atau 8,61 persen. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut diupayakan terus ditingkatkan dalam upaya memperkecil risiko kedaruratan menghadapi pandemi COVID-19.

Dikatakan Septo, dalam penanganan pandemi COVID-19, Pemprov Banten fokus pada penanganan kesehatan, bantuan sosial, dan pemulihan ekonomi. Pihaknya mengajak seluruh pihak untuk mengedepankan sikap dan rasa optimisme dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Septo mengatakan, PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), disiplin protokol kesehatan, dan vaksinasi sebagai komitken bersama untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19.

"Bahu membahu memutus mata rantai penularan dan penyebaran COVID-19," kata Septo.

Ia juga mengatakan bahwa penerapan PPKM dapat mengurangi BOR tempat tidur di RS perawatan kasus COVID-19. Sementara untuk mendirikan ruang isolasi terpusat Pemprov Banten menghadapi kendala terbatasnya jumlah tenaga kesehatan khususnya, dokter spesialis paru.

Dalam kesempatan itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Suryadimadja mengungkapkan, kegiatan Gerai Vaksinasi COVID-19 ini merupakan wujud sinergitas Kementerian Kesehatan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Untirta, Pemprov Banten, dan Pemkot Serang. Kegiatan vaksinasi COVID-19 ini juga dilengkapi dengan edukasi dan sosialisasi cinta, bangga, dan paham rupiah.

“Semoga dengan vaksinasi kita bisa terus berkarya untuk membangun Provinsi Banten dan Perekonomian Nasional," kata Erwin.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021