Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 sejak beberapa hari ini ini bertambah 11 orang, sehingga jumlah totalnya kini naik menjadi sebanyak 1.408 orang.

“Sejak beberapa hari ini ada lagi penambahan sebanyak 11 orang positif COVID-19 yang tersebar di tujuh dari 15 kecamatan di daerah ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Pelajar usia 12 sampai 17 tahun di Kabupaten Tangerang mulai divaksinasi

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan narasi perkembangan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan dari sebanyak 11 kasus positif COVID-19, sebanyak tiga kasus di antaranya dari Kecamatan Kota Mukomuko, dua kasus dari Kecamatan Air Manjuto, dua kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, satu kasus dari Kecamatan Penarik, satu kasus dari Kecamatan Ipuh, satu kasus dari Kecamatan Pondok Suguh, dan satu kasus dari Kecamatan V Koto.

Dari sebanyak 11 kasus positif COVID-19 yang tersebar di tujuh dari 15 kecamatan di daerah tersebut, enam pasien COVID-19 mengalami gejala sedang dan lima orang gejala ringan.

Kemudian riwayat kontak sebanyak 11 orang warga setempat yang yang terjangkit virus corona ini dari suspek atau terindikasi COVID-19 karena gejala yang diderita pasien COVID-19 ini.

Ia mengatakan, sebanyak enam pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan lima orang menjalani perawatan di RSUD guna mencegah terjadinya penyebaran di daerah ini.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 108 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 5.687 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 1.408 orang dan 39 orang di antaranya yang meninggal dunia, demikian Bustam Bustomo.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021