Pandeglang (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan mengoptimalkan pengelolaan paket wisata khusus Ujung Kulon yang selama ini belum digarap secara maksimal.


"Mulai tahun ini paket wisata khusus Ujung Kulon akan kita optimalkan, yang pengelolaannya bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Ujun Kulon (TNUK)," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi.

Ia menjelaskan, paket wisata khusus itu merupakan kunjungan kawasan TNUK serta kawasan wisata lain yang ada disekitarnya, seperti berkunjung ke Pulau Panaitan, Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang.

Mengenai pelaksanaan paket wisata khusus tersebut, menurut dia, akan dibicarakan lebih lanjut dengan Balai TNUK, sebagai pengelola kawasan TNUK Pandeglang.

Bupati juga menjelaskan, di kawasan taman nasional tersebut cukup banyak objek wisata yang bisa dinikmati wisatawan, di antaranya keaslian hutan tropis dataran rendah, kehidupan liar di padang pengembalaan, habitat burung dan hewan lainnya, pantai pasir putih.

Selain itu, bagi yang senang menyelam bisa menikmati keindahan terumbu karang, berselencar, berkano di sungai, sumber air panas, air terjun dan peninggalan sejarah dan budaya.

Guna memberikan pelayan bagi para wisatawan, Balai TNUK  merekrut "guide' lokal dari masyarakat setempat dan petugas balai untuk mendampai pengunjung yang datang ke kawasan dilindungi itu.

Selain itu, petugas dari Balai TNUK juga terus melakukan pengawasan terhadap para wisatawan, agar mereka aman selama berwisata, dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

Potensi pariwisata di TNUK,  sudah diakui secara nasional dan mendapat apresiasi pemerintah. Taman nasional itu  mendapat "award" dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar).

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012