Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Citangkil 1, hari ini, Kamis (08/07), mewakili lomba Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi di tingkat Provinsi Banten. Kepala Puskesmas Citangkil 1 Drg Novita Ambar Uma kepada Antara mengaku, penilaian lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi Banten, yang digelar via daring tersebut diharapkan penilaian lomba FKTP ini dapat meningkatkan mutu pelayanan puskesmas dengan instrumen yang sudah disesuaikan dengan Permenkes untuk akreditasi, juga dalam situasi kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini. Sebagai upaya untuk memicu lahirnya inovasi, penyemangat serta melihat kondisi pelayanan di puskesmas sekarang ini. 

Adapun lomba ini, yang menjadi fokus penilaian mengarah pada peningkatan pelayanan di masa pandemi sehingga setiap puskesmas dituntut untuk bisa memberikan terobosan dan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.
Terkait hal ini, Puskesmas Citangkil 1 juga sudah mempunya empat inovasi unggulan yang menjadi program puskesmas dalam menjangkau pelayanan kesehatan di masyarakat.

"Lomba ini kan memang untuk meningkatkan pelayanan mutu puskesmas mendorong lahirnya inovasi. Alhamdulillah kami mewakili kota Cilegon di tingkat provinsi. Untuk inovasi yang sudah kita miliki dan kita jalankan dalam program pelayanan itu ada inovasi "Gempita Beras merah" atau gerakan masyarakat peduli gizi balita bersama CSR membangun generasi sehat yang merupakan upaya dalam program perbaikan gizi. Kemudian "Dodol Cilegon" yakni door to door lansia untuk cek lingkar perut glukosa dan tensi yang merupakan program kesehatan bagi lansia. Ketiga "Sahrini mobile" atau sarana komunikasi ibu masa kini secara mobile bergerak mendekati sasaran, yang merupakan Program P2P penyakit hepatitis yang berkolaborasi dengan program kesehatan ibu. Dan keempat "Geprek Pamosa" yakni gerakan preventif karies pada molar satu program UKGS (upaya kesehatan gigi anak sekolah) yang seluruhnya dikuatkan di tiga kelurahan taman baru ,kebon sari, dan citangkil," Terang Novita.
Puskesmas Citangkil 1 saat penilaian daring lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi. (Susmiatun Hayati)

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Dana Sujaksani berharap Puskesmas Citangkil 1 yang  mewakili kota Cilegon untuk mengikuti lomba FKTP Berprestasi tingkat Provinsi Banten 2021 dapat menjadi contoh dan memotivasi puskesmas lainnya melakukan inovasi. Agar bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, sehingga puskes selalu hadir saat dibutuhkan masyarakat.

"Saya harap ini bisa menjadi contoh agar bisa memotivasi puskesmas lainnya dalam melakukan pelayanan, tidak hanya terpaku pada program tetapi juga berinovasi melakukan pelayanan sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing. Sehingga kehadiran puskesmas selalu dirasakan dekat dengan masyarakat," Kata Dana.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Cilegon Drg Rully Kusumawardhani.
"Mohon kiranya doa dan dukungan dari seluruh masyarakat kota Cilegon agar berhasil juara. Dan harapan selanjutnya Puskesmas Citangkil 1
semakin bagus, tetap terjangkau, cepat diakses dan selalu dekat dengan masyarakat.  Tentunya dengan kualitas yang semakin prima dan bisa dibanggakan melalui inovasi-inovasi yang sudah dilakukan," Harap Rully. 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021