Tangerang (ANTARABanten) - Anggota DPR RI Jazuli Juwaini meminta kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, untuk memberikan bantuan atas kerusakan rumah warga yang terendam banjir selama empat hari.


"Bantuan untuk perbaikan rumah, merupakan yang saat ini diharapkan warga selain makanan," kata Jazuli Juwaini ditemui saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kresek, Tangerang, Selasa.

Jazuli menuturkan, proses ganti rugi tersebut bisa dilakukan oleh Pemkab Tangerang dengan bekerja sama dengan BNPB.

Apalagi, sebagai daerah rawan bencana, Pemkab Tangerang pastinya sudah mengalokasikan dana untuk ganti rugi rumah yang rusak akibat bencana.

"Alokasi dana tersebut pasti ada di APBD. Maka, berikan kepastian kepada warga agar mereka tetap dalam kondisi tenang," katanya.

Kemudian, Jazuli juga berharap agar tanggul Sungai Cidurian yang jebol dapat segera diperbaiki. Karena, ratusan rumah yang terendam banjir akibat dari aliran sungai tersebut.

Bahkan, Pemkab Tangerang pun berhak memeriksa perawatan karena setiap tahunnya mendapat alokasi.

"Kualitas tanggul tersebut harus dilihat. Bila memang baru, maka harus dicek ulang kualitas bangunannya. Namun, bila sudah lama, maka perlu renovasi," katanya.

Ia juga menuturkan, agar pasokan makanan dari Pemerintah dan relawan terhadap korban banjir tidak terputus.

"Penanganan utama adalah menjaga agar stamina warga yang kebanjiran tetap prima maka pasokan makanan harus terus menerus," katanya.

Pantauan dilapangan, banjir di Kecamatan Kresek dan Kecamatan Gunung Kaler hingga saat ini belum surut. Banjir yang disebabkan jebolnya tanggul Sungai Cidurian, sudah terjadi selama empat hari.

Di Kecamatan Kresek, terdapat lima desa yang terendam banjir. Di Desa Patrasana terdapat 672 kepala keluarga, di Desa Renged sebanyak 95 kepala keluarga. Kemudian, di Desa Pasir Ampo terdapat 394 kepala keluarga, Desa Koper terdapat 878 kepala keluarga dan Desa Talog terdapat 25 kepala keluarga.

Sementara itu, di Kecamatan Gunung Kaler, terdapat 220 rumah yang terendam banjir dengan rincian 20 rumah di Kampung Gunung Kaler, Kampung Mandaya sebanyak 32 rumah, Kampung Onyam terdapat 44 rumah, Kampung Bendung terdapat 52 rumah, Kampung Cakung Andawati terdapat 52 rumah.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012