Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto menginformasikan sebanyak 12 tenaga kesehatan dan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari dinyatakan positif COVID-19.

"Saat ini, 12 orang yang dinyatakan positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri," katanya di Batang, Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga: Kematian COVID-19 di Sumut bertambah enam menjadi 1.144 orang

Menurut dia, belasan orang tersebut termasuk orang tanpa gejala (OTG) sehingga mereka menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, dinkes juga menyebutkan sebanyak 24 tenaga kesehatan Puskesmas Subah, Batang, juga dinyatakan positif COVID-19.

"Hasil pelacakan (tracing) berasal dari salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Subah pergi ke Solo untuk mengantar anaknya," katanya.

Didiet mengatakan saat ini Kabupaten Batang masuk kategori daerah zona oranye sehingga masyarakat diminta meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan dan disiplin menjalankan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Adapun jumlah kasus positif COVID-19, setiap harinya masih fluktuatif," kata Didiet.

Ia mengatakan saat ini jumlah tempat tidur di rumah sakit yang tersisa sebanyak 14 dari 42 tempat tidur khusus COVID-19 dan ruang I.

"Kendati demikian, dari hasil pelacakan belum ditemukan adanya mutasi COVID-19 varian Delta atau India di daerah ini," katanya.

Pewarta: Kutnadi

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021