Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) Kabupaten Lebak, Banten membagikan masker kepada pengendara sepeda motor guna mendukung pengendalian pandemi COVID-19 di daerah itu.
 
"Kami membagikan masker itu melibatkan kepolisian dan aparat Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung di ruas Jalan Ir Juanda, " kata Koordinator FKPPI Lebak Asep Kusnadi di Lebak, Rabu.

Baca juga: Persediaan darah di PMI Kabupaten Lebak menipis
 
Ia menjelaskan pembagian masker untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para pengemudi sepeda motor, di mana mereka masih banyak ditemukan tidak menggunakan masker. Penggunaan masker bagi pengemudi sepeda motor penting guna mencegah penularan virus yang mematikan itu.
 
"Kami sejak tiga hari terakhir ini membagikan masker kepada pengemudi kendaraan dan penumpangnya," katanya.
 
Dia memperkirakan ribuan masker dibagikan kepada pengemudi sepeda motor dan warga agar meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemakaian masker di tengah pandemi.
 
Saat ini, kata dia, penggunaan masker penting. Mereka akan ditolak jika tidak memakai masker mendatangi perkantoran pemerintah, markas TNI, Polri, dan kantor perusahaan BUMN.
 
Selain itu,  katanya, keuntungan orang memakai masker dapat mencegah penularan pandemi COVID-19.
 
"Kami berharap pembagian masker itu agar daerah ini dapat dipertahankan zona kuning dengan risiko penyebaran corona sangat rendah," kata Asep.
 
Lurah Muara Ciujung Timur Imas mengatakan tidak ada peningkatan kasus COVID-19 di masyarakat setempat setelah Lebaran 2021.
 
Selama ini, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 melakukan tes usap dan vaksinasi guna mengendalikan penularan penyakit itu.
 
Selain itu, kata dia, mengoptimalkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.
 
Bahkan, kata dia, semua pemukiman warga menyediakan penyanitasi tangan.
 
"Kami juga bersama FKPPI membagikan masker untuk pengendara sepeda motor," kata Imas.
 
Rudi, seorang pengendara sepeda motor yang juga warga Rangkasbitung menyambut positif pembagian masker yang dilakukan FKPPI setempat untuk mengingatkan pentingnya memakai masker di tengah pandemi.
 
"Kami selalu lupa untuk memakai masker jika keluar rumah menggunakan kendaraan," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021