Masyarakat diimbau tak menganggap enteng Medical Check Up (MCU) atau skrining kesehatan karena merasa tak memiliki masalah di dalam tubuh yang dirasakan saat ini karena bisa jadi ada penyakit yang tak menampakkan gejalanya.

Dokter umum RS Sari Asih Cipondoh, dr Putri Mutiara Sari di Tangerang Rabu mengatakan MCU merupakan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit dalam tubuh atau organ tubuh secara dini

Baca juga: Pemkot Tangerang imbau warga bergejala COVID-19 periksa ke puskesmas

Pandangan keliru seringkali muncul dalam benak masyarakat bahwa jika tidak ada keluhan pada tubuhnya berarti mereka sehat. Padahal, pada kenyataannya bisa saja terdapat penyakit yang tidak menampakkan gejalanya di awal namun setelah terdeteksi ternyata sudah dalam tingkat yang parah seperti hipertensi dan diabetes.

Masih sedikit masyarakat yang peduli akan kesehatan dirinya dan tertarik  untuk melakukan Medical Check Up. Hal ini karena masyarakat takut akan hasil dari pemeriksaan. "Padahal dengan melakukan MCU, justru kita dapat lebih aware dan bisa mencegah timbulnya penyakit yang tidak diinginkan." katanya.

Dijelaskannya memeriksakan kesehatan secara rutin sangatlah penting untuk mencegah timbulnya penyakit yang tidak diinginkan. Karena pada dasarnya seseorang tidak mengetahui kapan datangnya penyakit.  

Dengan melakukan MCU maka dapat diketahui sejak dini penyakit apa saja yang sudah bersarang atau kemungkinan menyerang tubuh. "Kegiatan MCU dimulai dengan pemeriksaan awal untuk mengetahui riwayat kesehatan pasien," ujarnya.

Sedangkan bagi kaum wanita, bisa dilakukan uji pap smear untuk mendeteksi keberadaan sel-sel serviks untuk mengetahui apakah ada resiko kanker serviks (leher rahim). "Jadi, yakinkan tubuh kita sehat dengan medical check up secara berkala," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021