Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Banten Dedi Mahfudin mengemukakan 1.945 calon jamaah haji asal daerah itu batal berangkat, menyusul adanya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jamaah Haji 2021.

"Calon jamaah haji yang ditunda pemberangkatannya tahun ini ada 1.945 orang. Dari semua persiapan sudah ditempuh termasuk biaya pelunasan haji," ujar Dedi saat ditemui di Tangerang, Selasa.

Baca juga: Polisi tangkap suami aniaya istri di Tangerang

Ia mengatakan para jamaah calon haji tersebut sebelumnya juga sudah mengurus semua persyaratan dan persiapan ibadah, termasuk pelunasan biaya haji.

Namun, karena ada beberapa pertimbangan menyangkut kesehatan dan keselamatan jamaah dari penyebaran virus COVID-19, diambil langkah dengan penundaan pemberangkatan.

"Belum lagi dari golongan lansia yang sudah daftar sebanyak 46 orang dan sudah melunasi administrasi. Dengan regulasi yang ada berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI, dengan sangat terpaksa kita harus membatalkan pemberangkatan haji tahun ini," katanya.

Selain itu, lanjut dia, meski jamaah calon haji pada tahun 2021 pemberangkatannya ditunda, sampai saat ini penarikan kembali uang pendaftaran belum ada, jika ada, itu hanya bagi jamaah calon haji yang belum melunasi semua registrasinya.

"Sebetulnya mereka yang daftar berangkat haji ini sudah menunggu lama sekitar 10 tahunan. Tetapi, dengan adanya pembatalan, mereka menerimanya dengan lapang dada, semuanya memahami dengan kondisi ini," katanya.

Ia menjelaskan terkait informasi di media sosial (medsos) tentang 11 negara yang diberi akses untuk masuk wilayah Arab Saudi oleh pemerintah setempat, itu hanya bagi negara-negara yang masuk di luar kewilayahan Tanah Suci Mekah.

"Bukan begitu sebenarnya, Pemerintah Arab Saudi belum membuka pintu bagi negara mana pun. 11 negara yang boleh masuk itu hanya bisa masuk ke bandara saja dan hanya untuk menurunkan pesawat reguler atau di luar wilayah Mekah," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021