Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Kota Tangerang Selatan Banten membuka program International Undergraduate Program (IUP) bekerjasama dengan Lithan Singapura dengan lokasi magang yakni perusahaan IT Start-up yang berbasis di luar negeri seperti Singapura, Vietnam dan Malaysia.

Leenawaty Limantara selaku Rektor Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Kota Tangerang Selatan di Tangerang Selasa mengatakan UPJ sedang bergegas mengembangkan sepuluh program studi termasuk mempersiapkan diri untuk membuka program pascasarjana.

Dengan adanya kerjasama UPJ – Lithan Singapore ini akan menjadi salah satu kunci penting dalam pengembangan yang optimal dan berharap langkah kerjasama yang berkelanjutan.

Salah satu keunggulan utama dari program ini adalah kesempatan untuk memperoleh total pendapatan hingga 16.200 USD dari program magang selama tiga tahun yang dimulai pada tahun kedua perkuliahan yang disebut Apprenticeship Program.

Program magang di IUP Information Systems ini sangat berbeda dengan umumnya kegiatan magang mahasiswa karena hampir tanpa biaya sama sekali karena dilakukan secara remote. "Perusahaan-perushaan ini adalah mereka yang sudah memiliki kerja sama resmi dengan pihak universitas," katanya.

Dalam program ini, mahasiswa akan diperlakukan sebagai karyawan dan akan dinilai berdasarkan kinerja. Mahasiswa dapat magang di perusahaan yang sama selama lebih dari satu tahun berdasarkan bagus tidaknya kinerja mahasiswa tersebut.

Sebelum melakukan kegiatan Apprenticeship, mahasiswa akan dipersiapkan melalui kegiatan pelatihan yang intensif di tahun pertama perkuliahan lewat IUP Bootcamp dan dibimbing oleh mentor hingga proses rekrutmen dengan perusahaan target yang serupa dengan rekrutmen karyawan perusahaan pada umumnya.

"Setelah menyelesaikan magang, mahasiswa bahkan memiliki peluang untuk mendapatkan posisi permanen di perusahaan yang sama," ujarnya.

Dalam proses pembelajaran, semua mata kuliah dibawakan dalam kelas online dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar sebagai solusi yang memudahkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja. Semua mata kuliah di UPJ IUP diampu oleh dosen ekspatriat yang merupakan Akademisi serta Praktisi di bidang IT dan Sistem Informasi.

"Kami mengundang para profesional dari negara-negara Asia seperti India, Malaysia, Singapura, dan Vietnam dengan latar belakang pengajaran yang luas.  Semua kelebihan ini ditawarkan untuk menjadikan lulusan UPJ IUP sebagai Information Systems expert yang saing Bersaing di Dunia Digital Tanpa Batas," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021