PT Brilliant Ecommerce Berjaya (BEB) selaku pemilik Mbizmarket dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama pengadaan barang dan jasa melalui layanan marketplace business-to-business (B2B) yang dinamakan "Kadai Rami" (Kedai Orang Minang).

Pemprov Sumbar mengadaptasi pemanfaatan platform perdagangan elektronik Mbizmarket untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengadaan dan belanja barang dan jasa di lingkungan pemerintahannya. 

Pemanfaatan Mbizmarket telah sesuai dengan Peraturan Presiden No 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang didorong untuk mengutamakan belanja dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Kerja sama antara Pemprov Sumbar dan Mbizmarket ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh CEO Mbizmarket Rizal Paramarta dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada Kamis (3/6/2021).

Rizal Paramarta berharap dapat merangkul sebanyak-banyaknya UMKM di Sumatera Barat untuk bergabung sebagai merchant, dan cita -cita Pemprov Sumatera Barat untuk memperbanyak UMKM Go Digital bisa diwujudkan. Selain menghadirkan infrastruktur teknis dan dalam jaringan (daring/online), Mbizmarket pun siap membantu pertumbuhan UMKM di wilayah Provinsi Sumbar.

Para pelaku UMKM akan diberikan akses pasar untuk menjadi penyedia kebutuhan belanja barang/jasa pemerintah dan menjangkau prospek pembeli, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta nasional. 

Dengan kerja sama tersebut, Pemprov Sumbar pun menjadi provinsi kedua di pulau Sumatra yang menjalin kerja sama dengan Mbizmarket pada 2021. Kerja sama ini selanjutnya diharapkan dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi/kota/kabupetan lain di tanah air.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengatakan kerja sama ini dapat mendorong pencapaian visi Pemprov Sumatera Barat yaitu terwujudnya "Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan" dengan salah satu misi kami untuk meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital. 

Selain itu dapat mewujudkan program unggulan Gubernur tentang Sumbar Sejahtera yaitu Mencetak 100 ribu milenial & women entrepreneur serta pelaku ekonomi kreatif dan merupakan implementasi dari usaha meningkatkan keahlian & keterampilan bagi pelaku UMKM dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

Kepala Biro PBJ Provinsi Sumatera Barat, Doni Rahmat Samulo berharap paket-paket belanja langsung yang selama ini belum terkelola secara maksimal menjadi lebih terkelola lagi, sehingga setiap belanja pemerintah akan lebih efektif, akuntabel dan transparan. 

"Kami berharap Mbizmarket dapat merangkul lebih banyak lagi UMKM di Sumatera Barat untuk bergabung sebagai merchant, dan cita -cita Pemprov Sumatera Barat untuk memperbanyak UMKM Go Digital bisa diwujudkan," ujarnya.

Pada akhir 2019, Mbizmarket, mulai mendapatkan kepercayaan untuk membantu pemerintah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk pengadaan barang dan jasa melalui layanan daring/digital mbizmarket.co.id. 

Adopsi platform Mbizmarket diinisiasi oleh Pemprov Jawa Barat (Jabar) dilanjutkan kemudian oleh Pemprov Bali, Pemprov Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Tabalong (Kalimantan Selatan), Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemprov Jawa Tengah, Pemerintah Kota Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Pemprov Riau, dan terakhir Pemprov Sumbar. 

Tumbuh Pesat
Di tengah pandemi Covid-19, bisnis mbiz.co.id dan mbizmarket.co.id telah tumbuh sangat signifikan dan mencatat peningkatan penjualan dua kali lipat pada 2020 dibandingkan tahun 2019. 

Kenaikan penjualan terutama didorong oleh keberhasilan Mbiz dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan dari berbagai perusahaan swasta dan pemerintah provinsi/daerah.  

Mbizmarket selama satu tahun terakhir pun telah merekrut dan memberikan akses dan pelatihan kepada ribuan UMKM setidaknya di sembilan provinsi dan lebih dari 30 kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.  

Mbizmarket juga telah menjadi mitra Bela Pengadaan, program yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan dan Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mendukung Program UMK Go Digital melalui proses belanja langsung di lingkungan kementerian/lembaga/perangkat daerah (K/L/PD).

Selain itu, platform Mbizmarket menyajikan berbagai fitur yang memudahkan dan dapat mengakomodasi kebutuhan bendahara pemerintah dalam memungut, menyetor, dan melaporkan penerimaan pajak atas transaksi belanja pemerintah.

Sejak akhir 2019, Mbiz juga telah menjalin kemitraan strategis dengan Investree, fintech marketplace lending, guna memberikan solusi pembiayaan kepada pelaku UMKM. Keduanya berkolaborasi secara eksklusif untuk memberikan akses pinjaman yang lebih mudah dan cepat bagi para pelaku UMKM. Sasarannya para vendor UMKM yang tergabung dalam ekosistem e-procurement Mbiz.


 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021