Sebanyak 80 orang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, menjalani suntik vaksin COVID-19 jenis sinovac yang dilaksanakan di UPT Puskesmas.

Kepala UPT Puskesmas, Dr Eko Hartati di Tangerang, Kamis mengatakan di hari pertama pelaksanaan pemberian vaksinasi bagi lansia tersebut disambut antusias.

Baca juga: DPRD Tangerang dukung penuh adanya program vaksinasi gotong royong

"Allhamdulillah hari pertama pelaksanaan vaksinasi lansia di Tigaraksa berjalan tertib dan aman, para lansia juga sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi ini," katanya.

Ia menuturkan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini diikuti para lansia dari 3 kelurahan, diantaranya yaitu Kelurahan Tigaraksa, Kadu Agung dan Margasari.

"Kalau untuk targetnya memang kita maksimal dalam satu desa itu sebanyak 50, tapi untuk sekarang hari pertama vaksinasi di Tigaraksa sudah ada 80 orang lansia yang divaksin," tuturnya.

Ia mengungkapkan tujuan dengan dilakukannya pemberian vaksinasi bagi lansia ini untuk mempercepat akselerasi vaksinasi di wilayah Kabupaten Tangerang agar segera mencapai target yang sudah ditentukan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah guna menambah anti body atau imunitas para lansia sehingga dapat meminimalisir penularan virus corona.

"Mudah-mudahan sesuai yang kita harapkan, semua masyarakat khususnya lansia di wilayah Tigaraksa ini dapat menerima vaksin. Karena ini penting untuk kesehatan mereka," ujarnya.

Adapun untuk penjadwalan pelaksanaan vaksinasi lansia ini, lanjut dia, pihaknya akan menyelenggarakannya secara bertahap sampai tiga hari ke depan yaitu mulai dari hari Kamis tanggal 27 hingga Sabtu 29 Mei 2021.

"Mungkin masih banyak lansia yang tidak bisa hadir karena takut, tetapi diharapkan besok hari Jumat dan Sabtu bisa diikuti oleh empat desa lainnya yaitu Desa Bantarpanjang, Cileles, Tapos dan Sodong," jelasnya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bagi lansia yang tidak dapat mengikuti pelaksanaan vaksinasi dengan alasan jarak rumahnya yang jauh dengan lokasi Puskesmas. Maka pihaknya akan memberikan layanan penjemputan.

"Kami terus berupaya agar proses vaksinasi di Kabupaten Tangerang ini sesuai sasaran, oleh karena itu dengan adanya keterlibatan RT/RW, kepala desa dan TNI/Polri sangat membantu jalannya program ini," ungkapnya.

Sementara itu, peserta penerima vaksinasi lansia, H Erwan Soepandi mengapresiasi adanya program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

Ia juga berharap kepada sesama lansia untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi COVID-19, Karena, menurutnya hal tersebut sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penularan virus yang membahayakan.

"Saya berharap kepada teman-teman sesama lansia agar ikut vaksinasi, karena ini aman bagi kesehatan kita. Selain itu kita juga siap berjuang untuk membantu pemerintah Kabupaten Tangerang dalam memerangi pandemi COVID-19 ini," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021