Pandeglang (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan menyerahkan pengelolaan objek wisata Cikoromoy kepada investor.


"Kalau ada investor yang tertarik, kami akan menyerahkan pengelolaan Cikoromoy, yang penting mereka mau melakukan penataan objek wisata itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kabupaten Pandeglang Olis Solihin di Pandeglang, Sabtu.

Objek wisata Cikoromoy, kata dia, potensial untuk dikembangkan dan menjadi tempat tujuan wisata jika dibenahi dan berbagai fasilitas penunjang disediakan.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang tidak bisa menata dan mengelola objek wisata alam tersebut karena terbentur anggaran, akibatnya fasilitas di lokasi itupun sekarang terbengkalai.

"Kami belum bisa mengelola Cikoromoy karena terbentur anggaran, bahkan sejak 2011 kolam renang di lokasi itu tidak difungsikan," katanya.

Menurut dia, sebelumnya sudah ada investor yang datang dan melihat objek wisata itu. Pada dasarnya mereka tertarik tetapi mengeluhkan kondisi jalan yang terlalu sempit.

"Pengusaha itu sebenarnya tertarik untuk mengelola Cikoromoy, tapi menyayangkan kondisi jalan menuju objek tersebut yang dinilai terlalu sempit," katanya.

Untuk itu, kata Olis, saat ini dicari investor yang siap membangun berbagai infrastruktur objek wisata tersebut, termasuk jalan menuju lokasi.

Cikoromoy merupakan objek wisata yang di dalamnya terdapat  pemandian alam.

Objek wisata yang terlatak di tengah persawahan dan lokasinya berada di kaki gunung Pulosari itu memiliki areal cukup luas, dan pengelolaannya dibagi-bagi, yakni oleh masyarakat, aparat Desa Kadubumbang serta Dinas Kebudayaan dan Periwisata Pandeglang.

Selama ini, Cikoromoy merupakan salah satu objek wisata yang  dikunjungi banyak wisatawan baik lokal, dari daerah lain, maupun  mancanegara.

Pengunjung yang datang ke lokasi itu hanya mengeluarkan uang relatif kecil agar bisa masuk ke tempat wisata itu, yakni kalau menggunakan sepeda motor membayar Rp2.000 dan mobil Rp5.000, plus uang parkir Rp2.000 per kendaraan.

Untuk pengunjung yang ingin berenang di kolam renang permanen dan modern yang juga disediakan di lokasi itu, ada biaya tambahan Rp2.000/orang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011