Tangerang, (ANTARABanten) - Dua panti sosial di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, menerima bantuan puluhan buku bernafaskan Islam serta uang tunai dari perusahaan pembiayaan motor, PT Federal International Finance (FIF) Cabang Cikupa.

Ketua Yayasan Panti Sosial Daarunas, Masmu`ah di Tangerang, Jumat, mengatakan, bantuan buku tersebut sangat membantu proses kegiatan belajar mengajar para santri yang ada.

Pasalnya, dari 37 santri yang ada saat ini, keseluruhannya di biayai oleh dana pribadi dari menjual tabung gas, plastik serta air isi ulang.

"Kami di sini menjalankan ekonomi kreatif seperti berjualan tabung gas. Keuntungannya lumayan besar yakni 5 juta setiap bulan dan dananya dipakai untuk pendidikan para santri termasuk makan sehari-hari," katanya.

Para santri yang sebagian besar yatim piatu tersebut, terdiri dari laki-laki dan perempuan. Beberapa santri sudah ada yang berpendidikan tingkat universitas.

"Bagi santri yang sudah tingkat universitas, kami berdayakan untuk mengajar di TPA serta warga di sekitar kampung ini," katanya.

Diakuinya, bila panti sosial yang sudah berdiri sejak tahun 2000, pernah mendapat penghargaan dari Gubernur Banten pada tahun 2009 sebagai panti sosial terbaik.

"Kami juga bingung, tiba-tiba mendapat undangan dari Gubernur dan diberikan penghargaan sebagai panti sosial terbaik," katanya.

Untuk bantuan pemerintah sendiri, Masmu'ah menuturkan bila pihaknya tidak pernah mengajukan permohonan bantuan.

"Tapi, kami mendapat bantuan dari Pemerintah pusat yakni untuk makan para santri dengan rincian 3 ribu bagi setiap orangnya per hari. Dana tersebut diberikan setiap tahunnya," katanya.

Sementara itu, panti sosial lainnya yang mendapatkan bantuan yakni Jami Al-Falahiyah yang berlokasi di Kecamatan Kresek.

Branch Manager FIF Wilayah Cikupa, Cuk Subagio mengatakan, pemberian buku dan uang tunai merupakan bentuk dari kepedulian sosial.

Program yang dinamakan "Tebar Buku, Tuai Ilmu" tersebut, dilaksanakan serempat oleh 150 Cabang FIF lainnya. Sehingga, total buku yang diberikan berjumlah 2.250 buku dan tiga ribu tas sekolah.

"Untuk uang tunai yang diberikan di setiap masing - masing cabang kepada panti sosial yakni sebesar Rp3 juta," katanya.

Selain memberikan bantuan, FIF wilayah Cikupa juga menyelenggarakan buka puasa bersama dan santunan kepada 35 anak yatim.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011