Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum di wilayahnya itu akan dilakukan pada Juni 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Banten, Selasa mengatakan bahwa rencana tersebut tergantung dari ketersediaan vaksin dan penyelesaian vaksinasi pada kelompok pelayanan publik dan lanjut usia (lansia) yang saat ini masih berjalan.

Baca juga: Arief: 65.262 masyarakat Kota Tangerang sudah divaksin COVID-19

"Sebetulnya kami saat ini fokus dulu untuk vaksin pada pelayan publik dan lansia, tetapi kalau vaksinasi masyarakat umum kami direncanakan antara Juni - Juli 2021 itu juga belum pasti," katanya.

Menurutnya setelah kedua kelompok itu selesai dan memenuhi target dalam waktu dekat ini, selanjutnya pemerintah akan melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum.

Ia juga menuturkan, untuk jenis vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat umum itu kemungkinan memakai vaksin jenis baru, yaitu AstraZeneca, produksi negara Inggris.

"Jadi kalau misalkan Vaksin Sinovac habis, tentunya akhir Maret ini kita akan terima AstraZeneca," ujarnya.

Kemudian, Hendra juga turut memaparkan capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang dari dosis awal 36.000 yang diterima pihaknya, sampai saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen yang dipakai

Dia menjelaskan capaian vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) sudah mencapai 100 persen, selanjutnya pada pelayan publik mencapai 60 persen, sedangkan untuk lanjut usia (lansia) baru sekitar 8 persen dari 216.000 penerima.

"Tetapi kami saat ini sudah berupaya agar di akhir Maret ini pelayan publik dan lansia sudah rampung semua," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021