Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan PD Pasar meluncurkan aplikasi pasar online atau daring antar langsung di pasar tradisional dengan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) atau dilakukan ketika barang sudah sampai tujuan.

Kepala Bidang Pengembangan E-Government Dinas Kominfo Adhi Zulkifli di Tangerang, Senin, mengatakan aplikasi tersebut untuk memberikan kenyamanan berbelanja di pasar tradisional kepada masyarakat di masa pandemi

Untuk tahap pertama, layanan ini hanya menjangkau di dua pasar tradisional yakni Pasar Poris dan Pasar Anyar. Ke depannya, lanjut dia, layanan ini akan menjangkau lebih luas.

"Aplikasi ini dibuat oleh Dinas Kominfo dan selanjutnya dikelola oleh PD Pasar Kota Tangerang. Mulai hari ini layanan ini bisa digunakan masyarakat," katanya.

Adhi menuturkan masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini maka harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Tangerang LIVE di PlayStore dan AppStore. Selanjutnya memilih layanan ekonomi dan memilih portal Tangerang.

Kemudian menentukan pasar yang akan dijadikan tempat berbelanja dan memilih barang yang dibeli beserta jumlahnya. Lalu memilih klik keranjang dan menentukan cara pembayaran.

"Nanti pengantaran dilakukan oleh ojek pasar. Warga juga bisa memantau progres pengantaran melalui aplikasi Portal Tangerang," ujarnya.

Ke depannya, lanjut Adhi, saat ini sedang disiapkan sistem pembayaran dengan virtual akun dan Gopay. Jadi saat ini warga menggunakan sistem pembayaran di lokasi.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021