Pemerintah Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok tenaga pelayanan publik dengan total peserta sebanyak 6.500 orang.

"Hari ini sudah kita mulai laksanakan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran kelompok pelayanan publik. Semoga ini menjadi bagian ikhtiar dalam mengatasi pandemi," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Puspemkot Tangerang, Banten, Kamis.

Ia mengatakan kelompok pelayanan publik yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 di antaranya anggota Satpol PP dan Dinas Perhubungan, pegawai di Kelurahan dan Kecamatan serta tenaga pengajar atau guru.

Menurut Wali Kota, pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok pelayanan publik bisa selesai dalam kurun waktu satu pekan ke depan karena dalam kelompok pelayanan publik ada juga pedagang, polisi dan TNI, wartawan hingga pedagang di pasar.

"Hari ini kita atur waktunya untuk bisa sesuai target vaksinasi COVID-19 berjalan dengan lancar. Maka itu, kita libatkan tenaga kesehatan dan relawan dalam percepatan," ujarnya.

Terkait jumlah kelompok pelayanan publik yang divaksinasi, Wali Kota Arief menjelaskan jika Pemkot Tangerang mengajukan 70.000 dosis namun yang diperoleh ada 26.000 dosis. Oleh karena itu Pemkot melakukan pengaturan agar semua kelompok di pelayanan publik menerimanya

"Bahkan nantinya ada marbot dan amil yang kita juga masukan dalam kelompok ini untuk di vaksinasi COVID-19. Semoga nantinya ada tambahan dari pemerintah pusat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan peserta yang mengikuti vaksinasi harus melalui empat tahap yang sudah disiapkan.

"Jadi prosedurnya mengikuti aturan yang ada mulai dari pendaftaran hingga pemeriksaan tensi dan bagian akhir adalah mendapatkan sertifikat vaksinasi," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021