PT Chandra Asri Petrochemical Tbk kembali menyerahkan bantuan program donasi akhir tahun 2020 yang merupakan donasi sukarela dari karyawan dan perusahaan. Bantuan yang diberikan sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) ini diserahkan langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang dan PMI setempat dan diterima langsung oleh Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, yang juga selaku Bupati Serang, di Pendopo Kabupaten Serang, awal Februari 2021 lalu.

Adapun bantuan yang diserahkan Chandra Asri melalui BPBD Kabupaten Serang, yakni bantuan berupa 6 tenda serbaguna, yang diakui Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma, saat dihubungi pada Jumat (11/02), sangat bermanfaat tak hanya untuk mengantisipasi saat terjadinya bencana, tetapi juga saat adanya kebutuhan membuka posko atau tenda darurat selama penanganan COVID-19.

"Alhamdulillah bantuan yang diberikan Chandra Asri memang bermanfaat sekali. Tenda serbaguna yang kami terima sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi terjadinya bencana, manakala untuk kebutuhan membuat tenda darurat atau tenda pengungsian di lokasi bencana nantinya, pada penanganan COVID-19 sekarang ini, tenda itu berfungsi juga untuk mendirikan posko-posko itu sangat dibutuhkan," jelas Nana.

Sementara itu untuk penanganan bencana pandemi COVID-19, donasi reguler berupa 500 pcs rapid test kit, dan 500 pcs masker dari perusahaan diserahkan melalui PMI. Selain Kabupaten Serang, Chandra Asri juga menyerahkan bantuan serupa yang diserahkan kepada PMI dan BPBD di wilayah Kota Cilegon, dan Kabupaten Pandeglang.

Sebelumnya, saat penerimaan bantuan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga mengapresiasi Chandra Asri, karena responsif dalam membantu dan membangun masyarakat Banten. Tatu pun memberikan penghargaan kepada Chandra Asri sebagai perusahaan yang secara konsisten peduli terhadap tanggap darurat bencana.

"Kami bersyukur Chandra Asri selalu peduli terhadap masyarakat di wilayah Kabupaten Serang. Sudah banyak bantuan CSR yang diberikan. Seperti kita tahu, komitmen Chandra Asri membantu pemerintah juga terlihat dari konsistensi nya menyalurkan bantuan untuk penanganan COVID-19 dari awal hingga saat ini. Bantuan pemberdayaan berupa perahu terhadap masyarakat nelayan di Anyer beberapa waktu lalu, bantuan masker, alat rapid, dan banyak lagi untuk penanganan COVID-19. Dan sebagai kepedulian dan tanggap bencana Chandra Asri menyerahkan bantuan berupa tenda yang bagi kami ini sangat berguna, mengantisipasi terjadinya bencana dimusim penghujan. Saya kira ini contoh yang baik, semoga juga bisa diikuti industri lainnya," kata Tatu.

Untuk itu, Tatu mengaku akan mendukung rencana perluasan industri (ekspansi) Chandra Asri ke daerah Kabupaten Serang. Terkait rencana Chandra Asri tentu kami berharap, dengan Chandra Asri ekspansi ke Kabupaten Serang, ada kontribusi yang positif untuk masyarakat, ujarnya.

Vice President Corporate Relations and Sustainability Chandra Asri Edi Rifa'i mengatakan, bantuan yang diberikan pada kesempatan ini bukanlah yang pertama kalinya. Tujuannya tentu mudah-mudahan dengan bantuan ini, dapat menjadi tempat penampungan sementara sebagai upaya penanggulangan bencana. Ini tenda produksi lokal, dan bisa mobile atau dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan, kata nya.

Ia pun membenarkan, adanya rencana perluasan industri yang akan dilakukan Chandra Asri ke wilayah Kabupaten Serang. Mudah-mudahan berjalan lancar. Untuk itu, perlu dukungan dari Ibu Bupati dan tentu pejabat daerah dan masyarakat juga. Rencana awal penetapan keputusan investasinya itu 2022, semoga terlaksana, tutupnya.

Selain menjalankan kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, Chandra Asri juga mewujudkan kepeduliannya pada upaya kegiatan sosial yang dilakukan oleh karyawan perusahaan. Dimana pada 27 Januari 2021 lalu, team CSR mewakili perusahaan berkunjung langsung ke Yayasan Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas yang berlokasi di Komplek Grand Pesona, Desa Kertasana, Kecamatan Bojonegara. Yayasan ini merupakan binaan dan didirikan oleh karyawan Chandra Asri, Heru Wahyono. Sebagai bentuk dukungan, perusahaan memberikan perlengkapan penunjang kegiatan belajar mengajar yakni buku bacaan (umum dan agama), Al-Quran, karpet, printer, standing board, serta 200 buah masker untuk Yayasan Rumah Pintar. Donasi ini juga masih menjadi bagian dari donasi akhir tahun perusahaan yang didanai dari program Year End Giving Chandra Asri 2020.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021