Kepolisian Resor Serang Kota, Polda Banten menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri, Senin (15/2).
 
Kedatangan Tim Puslitbang Mabes Polri disambut langsung oleh Kapolres dan Wakapolres serta pejabat utama Polres Serang Kota di ruang kerja Kapolres, AKBP Yunus Hadith Pranoto.

Tim Puslitbang Polri melaksanakan kegiatan penelitian dan supervisi tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri serta survey indeks Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Wilayah Polda Banten dan jajaran yang dimulai 15 hingga 18 Februari 2021.

"Tujuan dari penelitian adalah untuk mengukur kepuasan masyarakat atas layanan Kepolisian Republik Indonesia dalam melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian, yaitu fungsi lalulintas, reskrim, intelkam, binmas dan sabhara serta penyusunan indeks kamtibmas,” kata Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto. 

Penelitian tersebut dipimpin  Kombes Pol Azis Saputra beserta AKBP Dadang Sutrasno, AKBP Bayu Suseno, Ipda Rizki Saputra, Penda Muzzar Kresna (Konsultan) dan pembina utama Ary Wahyono (Konsultan). 

“Terdapat lima indikator pengungkit layanan yang dilihat, yaitu Bukti langsung (Tangibles), keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan kesesuaian (Conformance),” ungkap AKBP Yunus.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner online yang telah disebarluaskan kepada masyarakatnya sebelum kedatangan Tim Puslitbang Polri.

"Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Serang Kota dengan sampel penelitian yaitu masyarakat masing-masing satu orang perwakilan dari akademisi/dosen, instansi pemerintah, tenaga pendidik, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda," tuturnya.

Adapun untuk penelitian survey indeks kamtibmas dari masyarakat masing-masing satu orang perwakilan dari FKPM, Kelompok sadar Kamtibmas, ketua RT/RW dan satpam atau petugas keamanan perumahan," tambahnya.

Selain responden masyarakat, kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan kapolres dan atau yang mewakili, para kabag dan kasat.





 

Pewarta: Hani Fatunnisa/Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021