Tangerang (ANTARABanten) - Puluhan truk terjaring razia kendaraan dalam operasi gabungan Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Tangerang Selatan, Polres Tangerang Kota serta Polsek Serpong, di Jalan Raya Taman Tekno Serpong.

"Sebagian besar yang terjaring merupakan truk-truk bermuatan lebih," kata Korwil Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Yudhi Yuniardhi di Tangerang, Rabu.

Operasi gabungan merupakan tindak lanjut laporan warga terkait seringnya truk-truk bermuatan lebih melintasi di kawasan BSD.  

Yudhi menjelaskan, belum adanya peraturan daerah untuk menindak pelanggaran yang terjadi, mengakibatkan pengawasan belum dilakukan secara ketat.

Akibatnya, sejumlah truk dari berbagai perusahaan yang membawa barang, dapat melintas tanpa adanya aturan yang diberlakukan.

Tak hanya itu saja, akibat banyaknya kendaraan truk bermuatan lebih yang kerap melintas, menyebabkan jalan di kawasan yang dilalui mengalami kerusakan.

"Sebagian besar, jalan Raya Puspiptek dan Taman Tekno hingga Serpong, mengalami kerusakan karena truk tersebut membawa barang bermuatan lebih," katanya.

Selain itu, karena tidak adanya aturan waktu mengenai pemberlakukan jam operasi sering  menyebabkan terjadinya kemacetan, bahkan sering membuat kecelakaan.

"Kecelakaan di kawasan tersebut biasanya terjadi akibat pengendara roda dua yang ingin mendahului truk," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011