Minyak jelantah bekas pakai tanpa sadar menjadi limbah yang mencemari lingkungan hidup. Padahal limbah rumah tangga ini diproduksi hampir setiap hari karena aktivitas keseharian tidak pernah lepas dari kegiatan memasak.

Berawal dari hal ini, Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lilin.

“Minyak goreng bekas pakai biasanya langsung dbuang begitu saja, padahal sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali salah satunya menjadi lebih bernilai” ujar Menik, Pendiri Bank Sampah Tri Alam Lestari.

Tujuan webinar ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga untuk mengolah limbah minyak jelantah menjadi barang bernilai lebih sekaligus upaya mengurangi dampak lingkungan akibat limbah.

"Langkah menyelamatkan lingkungan dari efek buruk limbah bisa dilakukan sedari dini di tingkat rumah tangga seperti ini," jelas Hadi Susianto, Branch Manager Alfamart Cikokol. 

Walaupun digelar secara online, para peserta antusias mengikuti webinar sembari mempraktekan dirumah mereka masing-masing.

 “Mereka semangat mengikuti instruksi dari narasumber dan diakhir acara, para peserta menampilkan hasil karya sabun cuci dan lilin mereka," ungkapnya.

“Mudah-mudahan Alfamart dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat melalui program edukasi seperti ini, karena Selain bisa menjaga lingkungan, hasil pengolahan limbah ini pun bisa dipasarkan sehingga menjadi salah satu alternatif sumber pendapatan “ tambahnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021