Serang (ANTARABanten) - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengajak masyarakat menjaga kebersihan laut dan pantai, karena potensi laut dan pantai di Banten sangat besar yang menunjang perekonomian baik dari sektor perikanan maupun pariwisata.


"Keberadaan pantai dan laut harus dijaga agar tidak tercemar yang bisa mengancam kerusakan lingkungan dan sumber penghasilan masyarakat," katanya saat Pencanangan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) 2011 tingkat Provinsi Banten di Tempat Pelalangan Ikan (TPI) di Bayah Lebak, Selasa.

Ia mengatakan, Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) merupakan wujud kepedulian pemerintah dan masyarakat Banten untuk menjaga sumberdaya alam pantai dan laut agar tetap bersih, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Gubernur Ratu Atut Chosiyah meminta gerakan tersebut terus dilakukan dan ditumbuhkembangkan di kalangan generasi muda, khususnya anak-anak sejak dini.

Menurutnya, GBPL yang dicanangkan Pemprov Banten akan dilakukan secara kontinyu di semua wilayah pesisir pantai Banten, bersama seluruh masyarakat dan pemerintah dengan melibatkan generasi muda agar gerakan tersebut menjadi budaya masyarakat persisir Banten.

"Pantai dan laut bukan tong sampah, untuk itu mari kita jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar laut dan pantai," kata Ratu Atut.

Dalam kesempatan itu, gubernur Banten juga menyerahkan bantuan stimulan bagi kelompok nelayan berupa alat tangkap ikan, alat pemanggil ikan dan alat kebersihan pantai.

Kemudian, bersama ratusan nelayan dan pelajar, Gubernur beserta rombongan melakukan aksi bersih pantai di sekitar pesisir pantai Bayah.

Sementara Kepala DKP Provinsi Banten Suyitno mengatakan, tujuan GBPL tersebut untuk memberikan pemahaman terhadap warga, terutama di wilayah pesisir tentang bahaya pencemaran laut dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

"Tujuannya mendidik masyarakat agar terbiasa menjaga kebersihan pantai dan laut. Dengan demikian, kita bisa merasakan manfaatnya," kata Suyitno.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Banten Suparman, Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Asda III) Pemprov Banten Zaenal Muttaqin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Suyitno, serta sejumlah pejabat Provinsi Banten lainnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011