Serang (ANTARABanten) - Pemerintah Provinsi Banten mendukung peningkatan status Sekolah Tinggi Perikanan (STP) yang berada di Karangantu Serang menjadi Institut Ilmu Perikanan dan Kelautan dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.


"Pemprov mendukung langkah internasionalisasi STP menjadi institut, sehingga bisa meningkatkan sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan," kata Wakil Gubernur Banten HM Masduki di Serang, Banten, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan ketika melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Kampus Karangantu Kota Serang bersama sejumlah pejabat setempat.

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya langkah Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan status sekolah ini menjadi STP dengan fasilitas lebih lengkap di bidang keilmuan yang akan dihasilkan dari sekolah tersebut.

Namun untuk dukungan fasilitas seperti pengadaan lahan dan sarana lainya masih perlu dilakukan pembahasan terlebih dahulu.

Menurut HM Masduki, wilayah Provinsi Banten kaya dengan potensi kelautan dan perikanan, namun belum tergali secara optimal.

Dengan adanya kampus STP selama ini sudah banyak kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat Banten, tidak hanya dalam bidang perikanan saja termasuk masalah kekasaraan dan keterampilan bagi masyarakat Banten.

"Hanya saja, selama ini masih banyak orang yang belum mengetahui yang sudah dilakukan lembaga pendidikan ini," kata Masduki.

Selama ini, kata wagub, secara kedinasan sudah banyak dilakukan antara Sekolah Tinggi Perikanan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten, teruatma dalam pengembangan budidaya ikan dan pelatihan-pelatihan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Apalagi ke depan, rencananya akan ditingkatkan atau dilakukan internasionaliasi menjadi Institut Kelautan dan Perikanan Nasional, sehingga kalau rencana ini jadi akan menjadi luar biasa bagi Banten.

"Saya berharap rencana ini tidak keluar dari Banten. Untuk itu peluang baik ini harus benar-benar dimanfaatkan. Sebab kelautan kita masih membutuhkan SDM yang berkualitas," katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Karangantu Serang Tubagus Haeru Rahayu mengatakan, sebagai salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kelautan dan perikanan, perlu didukung dengan peningkatan lembaga pendidikan pada bidang tersebut.

Untuk itu, rencananya Sekolah Tingggi Perikanan (STP) akan ditingkatkan menjadi Institut Kelautan dan Perikanan.

"Ada dua alternatif rencana pembangunan institut tersebut, antara di wilayah Serang Banten dan Subang Jawa Barat. Saya berharap besar, bisa terealiasi di Banten karana potensi daya dukung yang besar," kata Tb Haeru Rahayu.

Oleh sebab itu, kata dia, untuk kelancaran rencana tersebut, pihaknya meminta dukungan Pemprov Banten dan pihak terkait baik secara dukungan politis maupun dukungan lokasi atau penyediaan lahan sekitar 30-50 hektare.

Keberadaan lembaga pendidikan ini akan memberikan efek manfaat besar bagi warga Banten, di antaranya dari segi peningkatan SDM untuk menggali potensi kelautan dan perikanan, maupun dampak lain bagi pengembangan ekonomi masyarakat dengan keberadaan ribuan mahasisiwa yang akan kuliah di lembaga tersebut.

Dalam kunjungan kerja itu, Wakil Gubernur HM Masduki didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten H Suyitno melakukan panen jenis udang paname yang dikembangkan di sekolah tersebut serta meninjau pembibitan ikan lele, bawal dan ikan patin.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011