Serang (ANTARABanten) - Luas areal sawah di wilayah Banten yang terkena hama wereng coklat pada Desember 2010 mencapai 1.400 hektare tersebar di wilayah Pandeglang, Lebak dan Kabupaten Serang.

"Hasil pendataan pada 15 Desember 2010, luas tanaman yang terkena hama batang wereng coklat seluas 1.400 hektare, 250 hektare diantaranya gagal panen," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Provinsi Banten Dedi Ruswansyah di Serang, Jumat.

Ia mengatakan, sebagian besar tanaman padi yang terkena hama wereng coklat berada di beberapa kecamatan di Kabupaten Pandeglang seperti Kecamatan Malingping dan Panimbang serta beberapa bagian di Kabupaten Lebak dan Serang.

"Terakhir kami mendapat laporan dua pekan lalu dari sejumlah petani di Kecamatan Kasemen Kota Serang. Mereka terpaksa panen lebih awal karena serangan hama tersebut," katanya.

Dalam upaya penanganan berkembangnya hama tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten sudah memberikan bantuan pestisida kepada petani yang berada di daerah terkena hama wereng coklat.

"Kami sudah memberikan bantuan pestisida bagi daerah yang sawahnya masih bisa diselamatkan. Sedangkan untuk sawah yang gagal panen, bantuan dalam bentuk benih," katanya.

Pada 2010, realisasi bantuan benih dari cadangan benih nasional yang disalurkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten untuk membantu para petani mencapai 80 hektaer, dari kuota awal yang disediakan seluas sebanyak 60 hektare. Sedangkan luas angka tanaman padi di Banten pada 2010 lalu mencapai 173.273 hektare.

"Prognosa cadangan benih nasional yang disiapkan untuk 2011 sebanyak 60 hektare," katanya.

Pekan lalu, para petani di Desa Sawah Luhur Kecamatan Kasemen Kota Serang memilih panen lebih awal dari jadwal sebelumnya, karena tanaman padi mereka terkena hama wereng cokelat.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011