Cilegon (ANTARABanten) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten meminta, pemerintah  secepatnya memperbaiki jalan rusak di sepanjang Cilegon-Anyer sampai Carita Kabupaten Pandeglang, karena mengganggu kenyaman wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

"Saya minta secepatnya jalan  wisata diperbaiki,  karena janji pemerintah sebelumnya perbaikan jalur itu akan rampung sebelum Tahun Baru 2011," kata Ketua PHRI Provinsi Banten Rahmat Sari Alam di Cilegon, Senin.

Dia menjelaskan, pemerintah berjanji akan melakukan perbaikan sejumlah titik jalan rusak sepanjang  Kecamatan Citnagkil sampai Kecamatan Anyer dan terus ke Carita  namun sampai minggu ketiga  Desember 2010 belum juga ada realisasinya.

"Sekarang perbaikan belum dilakukan, walaupun saat ini ada yang dikerjakan, tetapi target dari penyelesaian tidak mungkin akan tercapai," katanya menambahkan,
  
Menurut dia, akibat  kerusakan jalan di  jalur wisata menuju Anyer Kecamatan Cinangka tersebut, sejumlah hotel megaku merugi hingga miliaran rupiah.

"Para pengelola hotel di sepanjang Pantai Anyer mengaku, mengalami kerugian mencapai Rp2 miliar, akibat kerusakan jalan yang berdampak berkurangnya pengunjung," katanya.

Kerugian yang dialami dan diderita oleh pemilik hotel tersebut dirasakan wajar, menginggat setiap tamu yang datang dan menginap di hotel merasa kapok dan membawa kesan buruk kepada masyarakat lainnya yang akan berlibur dan menginap di anyer.

"Saya saja, kalau harus bolak balik dalam satu hari Anyer ke Cilegon atau ke  Serang, rasanya harus memerlukan waktu lama lagi untuk memulai menempuh perjalanan lagi, karena badan capek, akibat jalan  rusak menuju Anyer," ujarnya.

Sekretaris Provinsi Banten Muhadi menjelaskan, perbaikan kerusakan jalan Cilegon-Anyer-Carita merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Saya bersama-sama dengan PHRI Banten pernah mendatangi Kementerian PU di Jakarta, dan mendapat informasi kalau perbaikan jalan itu akan segera dilaksanakan," katanya.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, perbaikan sementara jalan rusak jalur wisata Pantai Anyer dari Cilegon hingga Carita ditargetkan selesai sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2011.

"Libur Natal dan Tahun Baru 2011 merupakan kesempatan baik untuk memperbaiki jalan rusak meskipun sementara, karena perbaikan total kemungkinan 2011," katanya.

Ia juga mengkau, sudah mengajukan permintaan pada satuan kerja Kementerian Pekerjaan Umum, agar segera melakukan perbaikan jalan wisata tersebut, guna mendukung pengembangan pariwisata di Provinsi Banten.

Perbaikan sementara, melalui penambalan lubang di tengah jalan, sebelum perbaikan keseluruhan yang kontruksinya kemungkinan baru dimulai pada 2011.

"Kalau seluruh lubang yang ada di badan jalan ditambal, sudah bisa memberi kenyamanan bagi wisatawan yang akan menikmati liburan Natal dan tahun baru di Pantai  Anyer dan Carita," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010