Lebak (ANTARABanten) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan tinggi gelombang perairan Merak-Bakauheni berkisar 0,5-1,0 meter dengan jarak pandang tiga sampai tujuh kilometer.

Analisis cuaca BMKG Serang, Tatang, Selasa, menjelaskan, selama dua hari ke depan tinggi gelombang DI perairan Merak-Bakauheni 0,5-1,0 meter.

Gelombang bergerak dari arah selatan ke tenggara dengan kecepatan angin 10 knot atau 20 kilometer per jam.

Cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari. Sedangkan, suhu untuk wilayah Serang berkisar 22-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 60 sampai 90 persen.

Angin  bergerak dari arah selatan ke tenggara berkisar 5-10 knot. Pelayaran Pelabuhan Merak-Bakauheni relatif normal dan tidak mengganggu penyeberangan Pulau Jawa ke Pulau Sumatra.

Pelayanan penyeberangan Kapal Ro-Ro maupun Kapal Cepat, seperti  biasa karena cuaca perairan Merak-Bakauheni cukup baik.

"Saya menjamin penyeberangan Kapal Ro-Ro dan Kapal Cepat relatif aman dan tidak membahayakan," katanya.

Sementara tinggi gelombang perairan Banten bagian selatan berkisar 0,75-1,5 meter.

Gelombang bergerak dari arah selatan dan tiupan angin dari arah selatan ke tenggara dengan kecepatan 5-12 knot atau 24 kilometer per jam.

Dengan begitu, cuaca di pesisir Banten bagian selatan meliputi pantai Tanjung Lesung, Sumur, Ujung Kulon, Binuanguen, Bayah, Tanjung Panto, Pulau Manuk, dan Sawarna relatif normal dan tidak membahayakan bagi nelayan maupun pelayaran.

"Saya kira tinggi gelombang 1,5 meter dan tiupan angin 12 knot relatif aman," katanya.

Dia menyebutkan, selama beberapa hari ke depan cuaca pesisir pantai Banten bagian selatan sangat baik sehingga dapat dimanfaatkan oleh nelayan untuk menangkap ikan.

         "Saya menjamin cuaca peraiaran Banten relatif normal dan tidak membahayakan nelayan." ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010