Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, memastikan stok logistik untuk bantuan korban bencana alam relatif aman dan mencukupi.

"Kami menjamin persediaan logistik cukup untuk enam bulan ke depan," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rezki Pratama di Lebak, Jumat.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Lebak capai 423 orang

Persediaan logistik yang ada di gudang BPBD Kabupaten Lebak sebanyak 50 ton beras juga terdapat ratusan dus mi instan, air kemasan, makanan siap saji dan aneka makanan,termasuk minuman kemasan susu.

Selain itu juga persediaan pangan untuk bantuan kebencanaan terdapat pada Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial Kabupaten Lebak.

Begitu juga pendistribusian bantuan logistik dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kini masih mencukupi.

BPBD Lebak, pada Jumat (4/12) menyalurkan bantuan logistik di enam kecamatan yang terdampak bencana banjir dan longsor.

"Saya kira stok logistik melimpah dan terpenuhi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat yang terdampak bencana alam itu," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, saat ini, petugas kebencanaan dan relawan menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di enam kecamatan, 15 desa dan 16 kampung.

Febby menjelaskan warga yang dilanda banjir tersebut lokasi permukimanya cukup berdekatan dengan aliran sungai, sehingga menjadi "langganan" bencana alam jika curah hujan meningkat.

Penyaluran bantuan logistik itu, katanya, guna meringankan beban ekonomi masyarakat yang tedampak bencana alam tersebut.

Disamping itu, menurut dia, pendistribusian logistik untuk mengurangi risiko kebencanaan, juga untuk mengantisipasi kerawanan pangan.

Selama ini, ujarnya, masyarakat yang terkena banjir sudah kembali ke rumah masing-masing setelah air sungai surut.

"Kami tetap berkomitmen untuk membantu warga korban bencana alam agar terpenuhi kebutuhan dasarnya, yakni konsumsi pangan," katanya.

Sementara itu, masyarakat yang terdampak banjir di Desa Girimukti, Cimarga, Kabupaten Lebak, mengaku bahwa mereka merasa terbantu dengan adanya penyaluran logistik berupa beras, lauk pauk, makanan siap saji, minuman kemasan dan mi instan serta minyak goreng.

"Kami merasa senang setelah menerima bantuan logistik dari BPBD yang disalurkan melalui relawan kecamatan," kata Andi, warga setempat.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020