HousingEstate perusahaan yang bergerak di bidang publikasi properti memberikan ganjaran penghargaan bagi pengembang beprestasi di tengah pandemi COVID-19.

"Tidak semua pengembang bisa berjualan di saat pandemi, sehingga bagi mereka yang bisa memasarkan ditengah kondisi sulit ini patut mendapat apresiasi," kata Pemimpin Redaksi/Pemimpin Perusahaan HousingEstate Joko Yuwono dalam keterangan tertulis, Rabu.

Pada zaman normal adalah biasa bagi developer bisa menjual 70-an rumah saat launching. Tapi, saat pandemi yang membuat konsumsi dan produksi mandek bersamaan, sebagian besar bisnis mati suri sehingga memicu resesi, dan properti bukan prioritas yang harus dibeli, bisa melepas 70-an rumah tentu istimewa. Apalagi, kalau sampai ratusan unit dan harga rumahnya miliaran rupiah per unit. Tentu lebih istimewa lagi, jelasnya.
 
Sejumlah developer di megapolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan beberapa kota besar lain di Jawa dan luar Jawa, mencatat prestasi istimewa itu. 

Lokasi rumah, nama developer yang membuat konsumen yakin, kemampuan memahami situasi pasar dan menawarkan rumah yang sesuai dengan ekspektasi pasar, harga yang terjangkau menurut lokasi masing-masing, kualitas pengembangan yang baik, dan cara bayar yang meringankan, selalu menjadi faktor-faktor yang menentukan kesuksesan. 

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director Colliers International Indonesia (CII), sebuah perusahaan konsultan properti asing di Jakarta, saat resesi pun tetap ada orang yang punya dana lebih, atau memang sudah sejak lama mempersiapkan dana untuk membeli properti. 

"Selain itu sebagian pemilik uang memang mencari momentum membeli properti saat resesi. Mereka inilah yang disasar pengembang saat pandemi," katanya.

Dari sisi developer, mereka tetap melansir proyek baru saat pandemi supaya tetap kelihatan eksis. Resesi juga menjadi momentum mereka berekspansi, sehingga saat situasi sudah normal lagi, mereka lebih siap. "Kalau baru mulai (melansir proyek) saat situasi sudah normal, hasilnya pasti beda. Dengan melakukan launching sekarang, developer juga ingin memperlihatkan diri sebagai perusahaan yang kuat, jelasnya.

Baru NUP

Tentang klaim produknya mendapat respon bagus dari pasar kendati ekonomi resesi, ia berpendapat perlu dilihat lebih hati-hati. 

"Kita harus lebih teliti melihat klaim itu dalam situasi seperti sekarang. Seringkali yang disebut sold out itu baru NUP (nomor urut pemesanan) yang belum mencerminkan penjualan," ujarnya. 

NUP baru komitmen untuk membeli tanpa ikatan. Masih sangat terbuka kemungkinan pemesan membatalkan komitmennya. Untuk memikat sebanyak mungkin konsumen mengambil NUP, developer menawarkan aneka kemudahan yang tidak akan ditemui dalam situasi normal. 

Namun, apapun, kreativitas dan upaya para developer membuat produknya agar tetap  terserap pasar dalam situasi seperti saat ini tetap layak dihargai.

Berikut daftar lengkap penerima Housing Estate Awards 2020 untuk kategori bahan bangunan yakni PT Aluminium Company Extrusion Indonesia, PT Aluminium Extrusion Indonesia, PT Conwood Indonesia, PT Alsun Suksesindo. 

HousingEstate juga memberikan ganjaran bagi perbankan berprestasi dalam mendukung perumahan selama pandemi. Bank-bank itu meliputi CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri.

Selain juga terdapat penghargaan khusus yang diberikan kepada LRT city MT Haryono/ PT Adhi commuter Properti, Pesona Prima Cikahuripan/ PT Prima Kreasi Land,  BSD City/ Sinar Mas Land Group, Nara village Gading Serpong/ Paramount Land, Marchand Hype Station/ PT cipta Harmoni Lestari, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

HousingEstat juga memasukkan kategori penjualan terbaik yakni Harmony Residence/ PT Sinar Mulya Shansan, CitraLand BSB City/ PT Ciputra Mitra Tunas,  Puri Surya Jaya/ PT Jaya Land, Tanjung Pura/ PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk, Cibinong New City Winner Group - Sapta Group, Citra Sentul Raya/ Citra Sentul Raya JO Citra Sirkuit Residence, OCBD Bogor/ PT Olympic Bangun Persada, Semesta Dramaga/ Perum Perumnas.


Masih kategori penjualan terbaik, The Sanctuary Collection/ PT Cipta Harmoni Lestari, Permata Cimanggis PT Puninar Texton Asia, Bumi Bantar Panjang PT Sinar Maju Adiguna, Grand Batavia/ PT Jaya Garden Polis, The Royal Park @Karawaci/ PT Global Asri Propertindo, Metland Cibitung PT Metropolitan Land, Tbk, Tera Damai/ Damai Putra Group.
 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020