Serang (ANTARABanten) - Seorang jamaah calon haji asal Kota Tangerang Banten meninggal dunia di Mekah karena sakit.

Kepala Seksi Sarana dan Perjalanan Haji Kanwil Kemenag Banten Huzaemi Abidin di Serang, Senin, mengatakan seorang calon haji Banten yang meninggal bernama Azwir Idris Bin H Idris, termasuk kloter empat asal Kota Tangerang.

"Ia meninggal di Mekah karena sakit Senin (25/10) sekitar pukul 00.00 waktu setempat. Kami sudah menyampaikan kepada pihak keluarganya," kata Huzaemi Abidin.

Menurut Abidin, sudah ada sekitar 3.177 jamaah calon haji asal Provinsi Banten yang sudah berangkat dari tanah air, dua kloter diantaranya sudah berada di Mekah yakni kloter empat dan lima, serta lima kloter masih berada di Madinah.

"Termasuk satu orang meninggal yang sudah berada di Mekah dan satu orang sakit dirawat di balai pengobatan haji Indonesia," kata Huzaemi.

Ia mengatakan semua persiapan administrasi dan persyaratan untuk keberangkatan jamaah calon haji asal Provinsi Banten yang masih tersisa sudah siap, kloter terakhir jamaah calon haji Provinsi Banten berasal dari Kabupaten Tangerang akan diberangkatkan pada 7 November 2010.

Sebelumnya ia mengatakan, ada sekitar 44 jamaah calon haji asal Provinsi Banten dipastikan gagal berangkat menunaikan ibadah haji pada 2010 karena berbagai alasan diantaranya wafat, hamil, sakit dan menunda keberangkatan.

Ke-44 jamaah calon haji yang gagal berangkat tersebut diantaranya, 18 orang menunda keberangkatan Tahun 2010, tujuh orang hamil, 13 orang wafat, tiga orang sakit, satu orang membatalkan berangkat dan dua orang dibatalkan. Termasuk dua orang yang dibatalkan calon jamaah haji asal Kabupaten Serang dengan alasan masih dibawah umur 18 tahun.

Sehingga, kata Huzaemi, total calon jamaah haji asal provinsi Banten yang berangkat tahun 2010 sebanyak 8.793 orang, termasuk tim pendamping haji daerah (TPHD) sebanyak 95 orang.

Sedangkan jumlah calon jamaah haji asal Banten yang gagal berangkat berasal dari Kabupaten Serang 16 orang, Kabupaten Pandeglang lima orang, Kabupaten Lebak sebanyak empat orang, Kabupaten Tangerang 10 orang, Kota Tangerang enam orang dan Kota Cilegon tiga orang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010