Pandeglang (ANTARABanten) - Pasangan calon kepala daerah di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Kamis, akan menandatangani deklarasi kampanye damai usai menyampaikan visi dan misinya pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Rabu (16/9).

"Besok pukul 08.00 WIB, para calon akan menyampaikan visi dan misinya pada sidang paripurna DPRD, setelah itu akan dilanjutkan penandatanganan dan deklarasi kampanye damai," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pandeglang, Yanto di Pandeglang, Rabu.

Deklarasi dan penandatanganan pernyataan kampanye damai akan dilaksanakan di Gedung DPRD Pandeglang, dan setelah itu akan dilanjutkan dengan kegiatan pawai bersama.

Ia juga menjelaskan, saat menyampaikan visi dan misi seluruh pasangan calon harus hadir.

Mengenai pelaksanaan penyampaian visi dan misi, menurut dia, setiap pasangan calon hanya diberi waktu masing-masing 15 menit. Calon kepala daerah ada enam pasangan, berarti acara tersebut akan berlangsung selama 1,5 jam.

Untuk pelaksanaan pawai bersama, menurut dia, setiap pasangan calon hanya dibolehkan membawa pendukung terbatas. Dari setiap kandidat tidak boleh lebih dari lima kendaraan roda empat yang ikut kegiatan itu.

Rute kampanye juga disepakati, yakni dimulai dari Alun-Alun Kota Pandeglang-Kecamatan Mengger-Caringin-Labuan dan kembali ke Pandeglang.

Terkait dengan kampanye terbuka, menurut dia, telah ditetapkan empat zona, yakni zona I terdiri dari dua lokasi yakni Kecamatan Mandalawangi dan Karangtanjung.

Kemudian zona II,  di Kecamatan Pagelaran dan Menes, zona III yakni Kecamatan Munjul dan Picung, serta zona IV meliputi Kecamatan Cibaliung dan Cimanggu.

"Meksi pada setiap zona ada dua lokasi atau dua kecamatan, namun para pasangan calon hanya bisa memilih pada salah satu tempat saja, tidak boleh menggelar pada dua lokasi secara sekaligus," ujarnya.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Pandeglang periode 2010-2015 akan digelar 3 Oktober 2010, dan akan diikuti enam pasangan calon, masing-masing tiga dari jalur independen dan tiga diusung partai politik.

Tiga pasangan yang berasal dari jalur perseorangan itu, yakni Yoyon Sudjana-Muhamad Oyim, Sunarto-Agus Wahyu Wardhana dan Djajat Mujahidin-Enjat Sudrajat.

Sedangkan yang diusung gabungan partai politik yakni Erwan Kurtubi-Heriyani yang didukung delapan partai yakni Golkar, Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Hanura, Partai Karya Peduli Bangsa, PPRN dan Partai Matahari Bangsa.

Kemudian Irna Narulita Dimyati-Apud Mahfud diusung tiga partai yakni Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia.

Edi Suhaedi-Aprilia Hedysanty Puteri didukung 24 partai, di antaranya  Partai Gerindra, Partai Bintang Reformasi, Partai Merdeka, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Republikan, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, dan Partai Nahdatul Ummah Indonesia.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010