Pandeglang (ANTARABanten) - Objek wisata Cikoromoy yang terletak di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, masih dipadati pengunjung pada H+4 Idul Fitri 1431 Hijriah, Selasa.

Ribuan wisatawan memenuhi objek wisata yang terkenal karena memiliki tempat pemandian alam yang airnya bersih itu.

Objek wisata yang terletak di tengah persawahan dan lokasinya berada di kaki gunung Pulosari itu memiliki areal cukup luas, dan pengelolaannya dibagi-bagi yakni oleh masyarakat, aparat Desa Kadubumbang serta Dinas Kebudayaan dan Periwisata Pandeglang.

Pengunjung yang datang ke lokasi itu hanya mengeluarkan uang relatif kecil untuk masuk ke tempat wisata itu, yakni kalau menggunakan sepeda motor membayar Rp2.000 dan mobil Rp5.000, plus uang parkir Rp2.000 per kendaraan.

Untuk pengunjung yang ingin berenang di kolam renang permanen dan modern yang juga disediakan di lokasi itu, ada biaya tambahan Rp2.000/orang.

Dadang Daniri, salah seorang pengelola objek wisata Cikoromoy menjelaskan, hingga pukul 13:00 WIB jumlah pengunjung yang datang sekitar 3.000 orang, dan akan terus bertambah pada sore hari.

"Biasanya pengunjung memilih datang pada sore hari karena tidak panas, jadi untuk hari ini perkiraan saya pengunjung bisa mencapai 6.000 orang," katanya.

Jumlah pengunjung sejak Hari Raya hingga saat ini diperkirakan lebih dari 22 ribu orang.

Setiadi, salah seorang pengunjung mengaku datang ke lokasi itu karena menuruti permintaan anaknya yang ingin berenang di kolam pemandian alam.

"Anak saya senang mandi di sini karena airnya jernih, jadi kami memang cukup sering datang ke sini," kata warga Kecamatan Aweh Kabupaten Lebak itu.

Di kabupaten Pandeglang cukup banyak objek wisata yang memiliki keindahan tersendiri di antaranya Pantai Carita, Pulau Umang, wilayah wisata Tanjung Lesun, Pulau Panaitan, Taman Nasional Ujung Kulon, Situ Cikeudal, tempat pemandian alam Cikoromoy dan Cas Waterpark yang di dalamnya ada penangkaran rusa.

Daerah tersebut juga memiliki cukup banyak objek wisata religius di antaranya makam para tokoh agama, yang salama ini cukup banyak dikunjung para wisatawan atau peziarah.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata di daerah ini pada 2009 sebanyak 1.346.444 orang, naik 100 persen dibandingkan sebelumnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010