Arsitek senior dari PT. Hadiprana Design Consultant, Andhika Perdana mengatakan karya arsitektur terkini banyak memanfaatkan teknologi digital seiring masuknya Indonesia ke era industri 4.0.

"Karya arsitektur di era modern sekarang ini banyak memanfaatkan teknologi digital mulai dari proses desain sampai dengan pembuatannya," kata Andhika dalam keterangan tertulis, Kamis.

Soal pemanfaatan digital dalam karya-karya arsitektur modern ini juga diakui para pembicara dalam  seminar daring  bertemakan  Design & Build Menuju Era 4.0 di Jakarta.

Dihadiri oleh lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia, obrolan arsitektur ini jeli membahas karya arsitek baik berupa bangunan perumahan, gedung serta  produk pendukung arsitektur dan interior. 

Andhika berpandangan masih banyak konsumen arsitek yang belum paham mengenai  dua tahapan kerja pada kegiatan arsitektur yaitu perencanaan (design)  dan pembuatan/pembangunan. 

"Kadang pemberi tugas/pekerjaan ingin tahapan ini disatukan untuk memudahkan urusan padahal cara itu tidak mungkin," kata Andhika

Andhika Perdana, ST memperlihatkan sebagai generasi muda sudah bisa mewarnai dunia arsitektur di Indonesia lebih cepat dan kreatif, karena keahliannya didukung teknologi moderen sesuai tuntutan era industry 4.0 untuk kegiatan arsitektur dan Interior. 

Arsitek senior  ini memiliki banyak pengalaman pekerjaan perencanaan yang dikerjakan secara digitalisasi, jika tidak ingin tertinggal dalam kegiatan jasa konstruksi yang penuh tantangan.

Sedangkan disisi lain Direktur Utama Vinoti Living ini Ir. Halistya Pramana, MEP menyebut  kelengkapan arsitektur dan interior merupakan hal tak kalah penting dalam membentuk suasana ruang dalam memenuhi kenyamanan dan keindahan. 

Menurut Halistya, tetap diperlukan keahlian arsitek dalam mendesain sebuah produk elemen arsitektur tidak semua bergantung kepada teknologi. 

"Problem yang dihadapi hampir sama dengan pekerjaan arsitek dalam menghadapi ‘Design & Build’ yakni membuat bangunan," ujarnya.

    Seminar Design & Build pada karya arsitek ini diselenggarakan bersama oleh Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja, dalam turut menyebarkan informasi keahlian kepada calon arsitek dan masyarakat luas. 

Partisipasi kepada dunia jasa konstruksi ini disampaikan oleh Direksi Kenari Djaja, Hendry Sjarifudin dan sambutan Pemimpin Redaksi Majalah Asrinesia Sri Murdiningsih saat pembukaan seminar ilmiah popular ini.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020