4.458 Calon Haji Banten Belum Lunasi BPIH

Serang, (ANTARABanten) - Sebanyak 4.458 orang calon haji dari Provinsi Banten belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji 2010, karena dari total calon haji daerah itu sebanyak 8.541 orang, hingga Rabu (4/8) baru 4.083 orang yang sudah melunasi.

"Sudah hampir setengahnya calon jemaah haji Banten melunasi BPIH (biaya penyelenggaraa ibadah haji) dengan rata-rata pembayaran sekitar Rp31 juta," kata Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Wilayah Provinsi Banten HM Rasna Dahlan di Serang, Kamis.

Ia mengatakan, semua calon haji Banten ditargetkan untuk melunasi BPIH hingga tanggal 30 Agustus 2010 dengan besaran pelunasan disesuaikan dengan kurs dolar AS saat calon haji tersebut membayarkan ke bank.

Kalaupun hingga batas waktu yang sudah ditentukan masih belum melunasi, diberikan kelonggaran waktu satu pekan, katanya.

"Jika sudah seminggu diberikan kesempatan belum melunasi juga, maka dianggap mengundurkan diri," kata Rasna Dahlan.

Biasanya mereka yang belum melunasi BPIH hingga waktu yang ditentukan, katanya, uang pendaftaran ada yang diambil kembali atau mereka berangkat tahun berikutnya.

Dengan demikian, katanya, nomor pendaftaran yang sudah dipegang akan diisi orang yang mendapatkan nomor pendaftaran berikutnya.

Sedangkan kesiapan persyaratan lainnya seperti pembuatan paspor, saat ini sudah ada sebanyak 5.000 orang calon haji dari Banten yang sudah memiliki.

Adapun batas waktu pembuatan paspor bagi calon haji Banten diberikan kesempatan hingga September 2010.

Menurut dia, pada musim haji tahun 2010, kuota haji untuk Banten mencapai 8.541 orang.

Calon haji Banten sejak 1 Juli sudah mengurus paspor, di mana untuk calon jemaah haji Kabupaten Pandeglang dan Lebak di Kantor Imigrasi Serang, dan calon haji asal Serang dan Cilegon diurus di Kantor Imigrasi Cilegon, serta calon haji asal Kabupaten/Kota Tangerang diurus di Kantor Imigrasi Cilegon.

Sementara itu, jumlah daftar tunggu calon haji di Banten sampai tahun 2014, sudah mencapai 36.000 orang.

Mereka yang sudah masuk daftar tunggu tersebut calon haji yang telah memberikan setoran awal BPIH senilai Rp20 juta ke bank.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010