Serang (ANTARABanten) - Pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji tahun 2010 bagi sekitar 8.451 pendaftar calon jemaah haji di Banten masih menunggu keputudan presiden (Keppres).

Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Wilayah Provinsi Banten HM Rasna Dahlan di Serang, Kamis mengatakan, kesepakatan Komisi VIII DPR dengan Menteri Agama Suryadharma Ali tentang penetapan besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang rata-rata turun 80 dolar AS dari tahun sebelumnya, akan dituangkan dalam Keppres tentang BPIH termasuk dengan waktu pelunasannya.

"Rata-rata para pendaftar baru menyetor Rp20 juta, mereka mau melunasi tetapi masih menunggu Keppres-nya. Mudah-mudahan akhir Juli ini sudah keluar," kata Rasna Dahlan.

Ia mengatakan, sesuai kesepakatan Komisi VIII DPR dengan Menteri Agama Suryadharma Ali, maka BPIH untuk calon jemaah haji asal Banten termasuk DKI Jakarta dan Lampung mengacu pada Embarkasi Jakarta sebesar 3.364 dollar AS atau sekitar Rp31 juta dengan asumsi kurs dolar sekitar Rp9000. Jumlah tersebut turun dibanding tahun 2009 yang mencapai 3.444 dollar AS atau sekitar Rp33 juta.

"Jika turun 80 dollar AS dengan asumsi nilai tukar dolar sebesar Rp9000, maka BPIH untuk calon jemaah haji asal Banten mencapai 3.364 dollar AS atau sekitar 31 juta," kata Rasna Dahlan.

Sedangkan jumlah calon jemaah haji dari Banten yang berangkat tahun ini sebanyak 8.451 orang, rata-rata baru menyetor BPIH sekitar Rp20 juta. Sehingga untuk melunasi kekurangan itu masih menunggu keputusan presiden tentang penetapan BPIH.

Selain penurunan BPIH, yang disepakati antara Komisi VIII dengan Menag adalah penghapusan biaya asuransi yang selama ini dibebankan ke jemaah. Sebagai gantinya, biaya asuransi jemaah haji akan ditanggung dari biaya optimalisasi haji.

Menurut dia, pada musim haji tahun ini, kuota haji untuk Banten mencapai 8.541 orang. Saat ini para calon jemaah haji Banten sejak 1 Juli sedang mengurus paspor haji.

Sedangkan pengurusan paspor haji untuk calon jemaah haji Kabupaten  Pandeglang dan Lebak di Kantor Imigrasi Serang, untuk calon jemaah haji asal Serang dan Cilegon diurus di Kantor Imigrasi Cilegon dan calon jemaah haji asal Kabupaten/Kota Tangerang diurus di Kantor Imigrasi Cilegon.

"Berdasarkan laporan Kantor Imigrasi Cilegon, pihaknya sudah menyelesaikan sekitar 500 paspor," kata Rasna.

Sementara itu jumlah daftar tunggu calon jemaah haji di Banten sampai tahun 2014, sudah mencapai 36.000 orang. Mereka yang sudah masuk daftar tunggu tersebut calon jemaah haji yang telah memberikan setoran awal BPIH senilai Rp20 juta ke bank.
 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010