Tangerang (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyulap kawasan kumuh di pinggir Kali Cisadane di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari menjadi sarana olahraga dan tempat rekreasi keluarga yang hijau karena ditanami aneka pohon pelindung.

"Kami telah mengubah lingkungan kumuh di pinggir Kali Cisadane menjadi tempat rekreasi keluarga yang hijau karena ditanam pohon rindang," kata Sekretaris Daerah Pemkot Tangerang, H. Harry Mulya Zein dihubungi Rabu pagi.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan untuk mengubah lingkungan yang kumuh itu menjadi sarana olahraga tentu tidak mudah, karena sebelumnya ditempati ratusan warga pada bangunan yang tidak mendapatkan izin tersebut.

Pada kawasan kumuh itu merupakan lahan milik negara sepanjang bantaran kali padahal sebelumnya sering terjadi longsor pada bibir sungai akibat tidak adanya tanaman untuk menahan agar tidak tergerus air.

Sedangkan di lokasi bantaran kali itu, setiap pagi dan sore ada saja warga yang melakukan olahraga dengan berjalan kali atau berlari.

Selain itu, pada hari Sabtu dan Minggu atau libur ratusan warga menenuhi tempat tersebut dengan membawa keluarga untuk menikmati panorama pingir Kali Cisadane.

Bahkan areal rekreasi dan sarana olahraga itu dibuatkan taman dan sejumlah tempat dipasang semen cor bersusun serta areal istirahat bagi warga lelah setelah berolahraga.

Sebelumnya, ratusan penduduk Kelurahan Mekarsari yang dihuni mayoritas penduduk "China Benteng" menolak pindah karena mereka sudah puluhan tahun menempati lokasi itu, padahal bangunan yang didiami tidak memiliki izin karena berada di lahan milik negara.

Ketika petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berupaya untuk menertibkan bangunan tersebut, maka terjadi penolakan dari warga karena beredar kabar di lokasi itu akan dibangun pasar swalayan milik pengusaha terkenal.

Kemudian petugas Satpol PP melakukan pendekatan perorangan dengan tokoh warga setempat, maka akhirnya mereka bersedia pindah dengan kesadaran sendiri.

Namun Wali Kota Tangerang, H. Wahidin Halim membantah bahwa di lokasi itu akan dibangun pasar swalayan tapi dijadikan kawasan hijau dan tempat rekreasi bagi keluarga.

Menurut Halim, tidak ada niat bagi Pemkot Tangerang untuk membangun pasar swalayan di bantaran Kali Cisadane, tapi tujuan utama adalah untuk penghijauan kota yang berfungsi untuk mengurangi tingkat polusi udara di wilayah ini.
 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010